DISDIK ACEH DUKUNG UPAYA POLISI USUT DUGAAN KORUPSI PENGADAAN WASTAFEL DAN SANITASI

DISDIK ACEH DUKUNG UPAYA POLISI USUT DUGAAN KORUPSI PENGADAAN WASTAFEL DAN SANITASI

Hukum 0 Comment 0

ACEH UTARA, Gemantara News

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Al-Hudri, mendukung upaya Kepolisian Daerah Aceh mengusut dugaan korupsi pengadaan wastafel dan sanitasi untuk sejumlah sekolah di Aceh. Dalam perkara ini, Polda Aceh memeriksa bekas Kepala Dinas Pendidikan Aceh dan bekas Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh.

“Saya dan seluruh jajaran Disdik Aceh mendukung sepenuhnya upaya kepolisian untuk mengusut tuntas kasus ini. Dengan dituntaskan pengusutan kasus wastafel ini, kita ada beban masa lalu tidak menghambat kinerja dinas, saat ini dan ke depannya” kata Alhudri menanggapi desakan aksi demonstrasi Pengurus Wilayah Pelajar Indonesia (PII) Aceh di Dinas Pendidikan Aceh, Rabu, 2 November 2022.

Orang nomor satu di Disdik Aceh saat ini, mendorong pelaksanaan pendidikan yang bersih. Saat pertama kali ditunjuk untuk menjadi kepala dinas, kata Alhudri, fokus kerjanya adalah membersihkan praktik korup yang mengakar di dinas tersebut di segala level.

Satu di antaranya adalah dalam proses pemilihan kepala sekolah. Saat ini, kata Alhudri, tidak ada pola transaksi untuk menjabat sebagai kepala sekolah atau jabatan lain di dinas.

Seluruh proses penentuan pejabat, kata Alhudri, dilaksanakan secara transparan. Alhudri juga mempersilakan setiap kepala sekolah yang mengeluarkan uang untuk jabatan itu melaporkan praktik buruk itu kepadanya.

Dinas Pendidikan Aceh juga menggandeng Saber Pungli serta Komisi Pemberantasan Korupsi untuk mengawasi penggunaan anggaran di instansi itu. Semakin banyak yang mengawasi, kata dia, celah praktik korup bakal semakin sempit.

Dinas Pendidikan Aceh juga sudah menandatangani perjanjian kerja sama optimalisasi pendidikan antikorupsi dengan Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh dan Transparansi Internasional (TI) Indonesia.

Sehingga ke depan, kita berharap tidak ada lagi pola transaksional dalam pendidikan Aceh di setiap level.

Harapan kita semua yang diberi amanah mengurus dana pendidikan, kelolalah secara baik, transparan, dan akuntabel serta fokus pada hal urgen meningkatkan mutu lulusan, imbuh Alhudri. (Zulkifli)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

Back to Top