RUMAH WARGA LUDES TERBAKAR DAN TERTIMPA TANAH LONGSOR, TERJADI DI KECAMATAN PANGATIKAN GARUT

RUMAH WARGA LUDES TERBAKAR DAN TERTIMPA TANAH LONGSOR, TERJADI DI KECAMATAN PANGATIKAN GARUT

Peristiwa 0 Comment 3


GARUT, Gemantara News

Telah terjadi Kebakaran rumah warga dan rumah roboh serta tanah longsor di wilayah Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut.

Hal ini dilaporkan Camat Pangatikan, Achmad Ramdhani, bahwa serangkaian bencana yang melanda wilayahnya, termasuk kebakaran, rumah roboh, dan longsor, pada Selasa (09/01/2023).

Kebakaran rumah warga terjadi pada Senin (08/01/2024) dini hari, sekira pukul 03.00 WIB, di Kampung Cihuni, Desa Cihuni. Dapur milik Bapak Koswara ludes terbakar, dengan estimasi kerugian mencapai Rp 20 juta. Berdasarkan keterangan Koswara, api bermula dari tungku masak dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.00 WIB.

Camat Pangatikan juga melaporkan bahwa pada hari yang sama, sekira pukul 05.00 WIB, rumah milik Yesi di Desa Babakanloa, roboh akibat hujan deras dengan kondisi bangunan yang rentan. Kerugian diperkirakan juga sekitar Rp 20 juta. Warga sekitar bahu-membahu membersihkan puing dan membantu mengamankan keluarga Yesi.

Selain itu, terjadi pula longsor di Kampung Sadahurip, Desa Sukahurip, pada Selasa dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB. Longsor ini dipicu oleh curah hujan yang tinggi, mengancam beberapa rumah warga. Namun, tidak ada laporan korban jiwa maupun kerugian material.

Camat Achmad Ramdhani mengatakan,
“Pihak kecamatan bersama masyarakat dan aparat desa sedang berupaya memperbaiki selokan yang tersumbat akibat longsor, dan berencana akan memasang pengaman sementara yaitu berupa bambu atau rucuk. Koordinasi pun Alhamdulillah telah dilakukan dengan berbagai dinas terkait untuk penanganan lebih lanjut atas kejadian-kejadian tersebut,” ucapnya. (E.Yanto)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

Back to Top