DIDUGA TANAH GALIAN C YANG DIGUNAKAN UNTUK MENIMBUN JALUR KA DI RPK 2 TIDAK SESUAI TEKSTUR SNI.

DIDUGA TANAH GALIAN C YANG DIGUNAKAN UNTUK MENIMBUN JALUR KA DI RPK 2 TIDAK SESUAI TEKSTUR SNI.

Berita Daerah 0 Comment 127

LABUHANBATU, GemantaraNews

Diduga tanah galian c yang digunakan untuk menimbun jalur KA di RPK 2 tidak sesuai dengan tekstur Standar Nasional Indonesia. Pembangunan jalur rel kreta api Rantauprapat-kota pinang (RPK) salah satu proyek strategis nasional penghubung riau-sumatera Utara atau trans Sumatera.

Pasalnya pekerjaan penimbunan dilokasi RPK 2, KM 8+100 sampai dengan KM 8+850 terdapat tekstur atau warna tanah yang berbeda beda, seperti warna ungu ubi jalar, putih keabu abuan, hitam, kuning, tanah bercampur akar akar dan tanah lembek/mudah mengambang.

Pantauan wartawan dilokasi senin (03/02/2020) , di lingkungan sidorukun kelurahan urung kompas, Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu Sumatera utara, tanah digali dari bahu jalur penimbunan digunakan untuk menimbun jalur Rel Kereta Api, di KM 8 +100 sampai dengan KM 8 + 850.

Dilokasi jalur tampak terlihat alat berat sedang bekerja dua unit yaitu excavator Beko dan doser.
Beko menggali tanah dari bahu jalur dan menaikkan keatas jalur yang ditimbun, kemudian doser mendorong atau menghampar tanah di jalur penimbunan.

Diduga dilokasi pekerjaan tidak terlihat ada pengawasan dari pihak kontraktor, juga dari balai teknis perkeretapian dan konsultan pengawas perkeretapian, diduga tanah urugan ini tidak layak dan tidak lolos uji laboratorium (SNI).

Duwi salah satu orang penting di PT.IPA (istana putra agung) saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, mengatakan “Saya masih diluar kota, kegiatan tersebut adalah stok vail, ntar ya bang biar saya telpon pengawas dilapangan, ujar Duwi sembari menutup konfirmasi.

Balai tehnik perkeretapian wilayah Sumbagut Eko Widi wuryanto salah satu pejabat penting saat di konfirmasi melalui WhatsApp nya tidak membalas atau enggan memberikan jawaban, sampai berita ini naik kemeja redaksi.

(taem/ed.Jimmy L Raja)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top