ZONA HIJAU BERALIH FUNGSI PENATAAN PERINJINAN IDUSTRI DI KAB. BEKASI DI DUGA DIMONOPOLI

ZONA HIJAU BERALIH FUNGSI PENATAAN PERINJINAN IDUSTRI DI KAB. BEKASI DI DUGA DIMONOPOLI

Peristiwa 0 Comment 90

KAB. BEKASI , Gemantara News

Terkait hal perijinan industri yang berada di Kab.Bekasi disinyalir banyak yg tidak sesuai peruntukannya dan telah menyalahi sesuai fungsinya. Dimana lokasi tersebut adalah zona hijau yang seharusnya sebagai lokasi pemukiman warga dan kini telah beralih fungsi dan disulap menjadi zona industri.

Sesuai pantauan Gemantara di lapangan, perusahan – perusahan tersebut telah beberapa tahun beroperasi diduga tidak jelas perijinannya, hal ini telah banyak masyarakat yang mempertanyakan kepada pejabat setempat tetapi tidak ada jawaban dan seoalah – olah tidak mengetahui.

Adapun perusahaan yang dimaksud diantranya, PT. NIKKO KAWATAMA yang berada di Desa Jatibaru, kec.Cikarang Timur. kab.Bekasi.
Perusahan yang bergerak di bidang logam tersebut berada di zona hijau yang seharusnya peruntukanya sebagai lokasi pemukiman.

Terkait hal ini, Ormas Gema Nusantara (GEMANTARA) Ekbang Kab. Bekasi telah melayangkan surat ke 1 dan 2 Perihal laporan PT. NIKKO KAWATAMA ber nomor : 220/003/GN-Ekbang/Kab.BKS/VII/2021, tanggal 2 juli 2021 ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kab. Bekasi.

Menindaklaljuti surat ke-1 yang dilayangkan ormas GEMANTARA Eksekutif cabang (EKBANG) kab. Bekasi
Perihal laporan PT. NIKKO KAWATAMA berdasarkan nota dinas kepala bidang perizinan Tata Ruang dan Bangunan kab. Bekasi Nomor : 503/342/Bid-PTRB/DPMPTSP/VII/2021 tanggal 13 juli 2021, berdasarkan data tahun 2010 sampai dengan bulan juni 2021, belum ada pengajuan permohonan perizinan apapun kepada dinas DPMPTSP Kab. Bekasi dan adapun Surat ke- 2 yang telah dilayangkan GEMANTARA Ekbang Kab. Bekasi tertanggal, 25 juli 2021 perihal permohonan jawaban dan penjelasan dari Dinas DPMPTSP kab. Bekasi sampai saat ini belum ada jawaban.

Dinas DPMPTSP, baru menjawab secara lisan, bahawa surat IMB yg di berikan PT. NIKO KAWATAMA
tidak sesuai alamat dan nama pemilik IMB nya yang disodorkan
adalah atas nama perorangan, dan alamatnya berbeda dengan alamat kedudukan PT.NIKO KAWATAMA, Desa Jatibaru, kec. Cikarang Timur, kab. Bekasi.

Ketika hal ini dipertanyakan ke kantor desa Jatibaru, kec. Cikarang Timur kab.Bekasi perihal perijinan perusahaan tersebut, pihak aparat Desa enggan memberikan jawaban, malah sangat salah satu perangkat (sekdes) hendak memediasi hal tersebut ke perusahaan dan surat yang dilayangkan ormas Gemantara sangat disayangkan malah di sebarluaskan kesalah satu ormas baru yang ada Bekasi, lalu mengirimkan surat melalui foto WhatsApp ke salah seorang kader tim investigasi Gemantara, dan timbul pertanyaan apa maksud dan tujuan sekdes tersebut…?

Patut diduga ada persekongkolan pihak desa dan permainan mengenai perijinan perusahan PT. NIKKO KAWATAMA.

Dalam hal ini, tim investigasi mencoba melakukan konfirmasi ke pihak perusahan PT. NIKKO KAWATAMA dan diterima oleh staf serta memberi menjawaban bahwa perusahaan tersebut sudah lengkap perijinannya, sambil mengeleluarkan copy IMB.

Terkait hal ini tim investigasi Ormas Gemantara akan terus melakukan penelusuran terkait perusahaan tersebut. Hal seperti ini patut dipertanyakan dengan ditemukan kejanggalan terkait perijinan perusahan perusahan tersebut, diduga ada keterlibatan pihak – pihak pemerintah setempat dengan pihak perusahaan. Selanjutnya tim investigasi akan menyelusuri sampai ketingkat DPMPTSP tingkat provinsi dan pihak terkait. ( Biro bekasi/Red )

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top