WORKSHOP TREASURE STUDY PADA SMK N.1 PERGETTENG-GETTENG SENGKUT.

WORKSHOP TREASURE STUDY PADA SMK N.1 PERGETTENG-GETTENG SENGKUT.

Pendidikan 0 Comment 4

PAKPAK BHARAT, Gemantara News

Bertempat di Aula SMK Negeri 1 Pergetteng-getteng Sengkut, Desa Aornakan Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut Provinsi Sumatera Utara, Kamis, (02/12/2021), melaksanakan workshop kegiatan Treasure Study dalam memantau dan memonitoring lulusan alumni. Hal ini berkaitan dengan telah Ditetapkannya SMK N.1 PGGS sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan di Sumatera Utara. SMK N.1 PGGS memiliki 5 Program Keahlian, antara lain : Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Agrobisnis Tanaman dan Pertanian Hortikultura (ATPH).

Berlangsungnya workshop ini diawali kata sambutan, doa pembuka dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, turut hadir pada kegiatan workshop Kepala Sekolah SMK sekaligus narasumber, Sopian Manik, S. Pd, M. Si, Wakil Kepala Sekolah Jasper Sikettang, S. Pd, M. Psi, Hotman Siagian, S. Pd, M. Psi, Kasmin Sitakar, SP, M. Psi, Guru dan Pegawai Staf Tata Usaha serta perwakilan siswa/i.

Tracer study adalah studi pelacakan jejak lulusan/alumni yang dilakukan kepada alumni-alumni tahun setelah lulus . Tracer study bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan menengah ke dunia kerja dan dunia pendidikan yang lebih tinggi, output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi serta input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi lulusan.

Di samping untuk keperluan akreditasi, SMK Negeri 1 Pergetteng-getteng Sengkut ditahun 2021 menggunakan tracer study sebagai alat monitoring adaptasi lulusan SMK N.1 PGGS di Indonesia ketika memasuki dunia kerja ataupun dunia pendidikan yang lebih tinggi.

Tujuan tracer study adalah untuk mengetahui outcome pendidikan yang dihasilkan oleh SMK Negeri 1 Pergetteng-getteng Sengkut. Mengetahui kontribusi sekolah terhadap kompetensi yang ada di dunia kerja. Untuk monitoring adaptasi terhadap SMK ketika memasuki dunia kerja ataupun dunia pendidikan yang diperlukan

Manfaat Tracer Study bagi SMK Negeri 1 Pergetteng-getteng Sengkut. Dapat mengetahui penyebaran siswa/i kita (informasi alumni). Sebagai bahan evaluasi SMK terhadap lulusan yang dihasilkan apakah telah memenuhi standar kompetensi yang sesuai pada dunia kerja. Sebagai informasi mengenai kompetensi yang relevan bagi dunia kerja dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran.

Hotman Siagian, S. Pd, M. Psi, berpesan agar bapak/ibu guru bekerja sama untuk bersama-sama melakukan share link http://tracerdiksi.kemdikbud. go.id kepada responden dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk mengisi angket tracer study.

“Mohon kepada Bapak/Ibu Kerjasamanya untuk bersama- sama kita Share Link ini
Kepada responden DUDI untuk mengisi angket Tracer Study melalui ink :
http://tracerdiksi.kemdikbud.go.id, dengan klik menu Dudi”. Tutupnya. (Lenan)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top