VIRAL BAKSO DIDUGA DAGING TIKUS, POLRES KARAWANG GANDENG LAB DINAS PERTANIAN DAN KESEHATAN HASILNYA NEGATIF

VIRAL BAKSO DIDUGA DAGING TIKUS, POLRES KARAWANG GANDENG LAB DINAS PERTANIAN DAN KESEHATAN HASILNYA NEGATIF

Peristiwa 0 Comment 1

KARAWANG, Gemantara News

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono merilis pengungkapan bakso viral di Mapolres Karawang, Jumat (13/5/2022).

Sebuah video yang merekam bakso yang diduga terbuat dari daging tikus viral di media sosial setelah diunggah akun TikTik @leogirl631.

Disebutkan bakso tersebut dijual di salah satu penjual bakso di Karawang.

Akun @leogirls tersebut tak menyebut jika bakso tersebut dari tikus. Namun dari video yang diunggah, banyak warganet yang penasaran. Mereka mengira potongan daging yang diunggah adalah bagian dari ekor tikus.

Unggahan tersebut kini sudah hapus. Terkait video tersebut, polisi pun langsung turun tangan.

Menurut Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, pihaknya menggandeng laboratorium Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan Karawang untuk mengambil sampel bakso yang diduga daging tikus untuk diuji.

“Kemarin sempat heboh soal bakso yang berisi daging tikus dari salah satu postingan tiktok. Kemudian kita mengambil langkah cepat untuk mencari kebenaran. Sejumlah sampel bakso yang diduga berisi daging tikus itu kemudian kita uji lab,” kata Aldi, Jumat (13/5/2022).

Hasil dari laboratorium, dipastikan jika sampel bakso negatif daging tikus. Hal tersebut disampaikan oleh Siti Komalaningsih, Subkoordinator Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmav).

Ia memastikan bakso terbuat dari daging sapi dan menyebut bagian yang diduga daging tikus adalah bagian dari urat daging sapi.

“Kemarin kami bersama kementerian pertanian bersama tim laboratorium balai pengujian mutu dan sertifikasi produk asal hewan menguji spesies tikus dari tanggal 12 dan bukan ekor tikus atau negatif daging tikus. Mungkin itu bagian urat daging sapi,” katanya.(Red)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top