UJI KIR KAB.CIREBON INGIN PERCEPATAN PELAYANAN

UJI KIR KAB.CIREBON INGIN PERCEPATAN PELAYANAN

Pemerintahan Daerah 0 Comment 1

KAB CIREBON, Gemantara News

Tanggal 04/08/2022, tim Gemantara News kembali roadshow untuk kegiatan kontrol sosial bidang pengujian kendaraan bermotor yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Darat.

Kali ini kunjungan ke Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon yang tepatnya di Weru Lor, Kec. Weru, Kabupaten Cirebon. Terlebih dahulu tim awak media Gemantara News mendatangi loket pendaftaran untuk menunjukkan surat tugas dari pimpinan perusahaan dan meminta kepada pihak terkait untuk mendampingi dalam hal melakukan kontrol sosial di gedung pengujian kendaraan bermotor khusunya di Dishub Kab Cirebon .

Tim awak media Gemantara News didampingi oleh Bapak Diryanto selaku Ka UPT Pengujian Kendaraan Bermotor dan Bapak M Aziz selaku penguji senior (PT-5) pada saat itu, dari mulai pendaftaran dengan sistem offline/manual, serta pelayanan teknis
dari beberapa alat uji yang tim awak media lihat, mulai dari alat uji emisi gas buang, pemeriksaan komponen kaki-kaki kendaraa, kincup roda, lampu, rem dan timbangan, uji kecepatan, cahaya tembus kaca dan kebisingan berfungsi dengan baik dan telah terkalibrasi dengan menunjukkan bukti kalibrasi/tera kepada tim awak media.

Ada beberapa alat yang sudah terlihat lawas dan perlu pergantian, “Kami butuh Alat Uji Lampu Utama yang sistem otomatis (Robotik) Pa” ucap Bapak Diryanto.
Alat tersebut canggih dan akurasinya tinggi, kami sangat ingin alat tersebut karena pengujian yang ringkas dapat memangkas waktu pengujian sehingga pelayanan kami dapat dilakukan secara maksimal kepada masyarakat.

Tim awak media memang melihat beberapa alat uji sudah tampak tua dan perlu peremajaan, agar pelayanan dapat ditingkatkan lagi, “Saat ini kami dapat Akreditas B namun kami ingin menaikkan Grade ini ke TIPE A, hanya saja kami terkendala lahan yang ada dan beberapa sistem yang menjadi persyaratan untuk mendapatkan TIPE A” ucapnya penuh harapan.

“Ada rencana kita mau pindah gedung pengujuan Pa, rencananya di Desa Winong Kecamatan Palimanan Kab Cirebon, kita akan buka 2 lajur pengujian dengan sistem Full Integrasi seperti yang kami lihat di Pengujian Jakarta, mereka sudah melakukan Sistem Integrasi Alat Uji, ini akan mempercepat pelayanan kami kepada masyarakat wajib uji.

“Saat ini kita hanya punya 1 lajur uji digital namun untuk pengiriman data hasi uji masih menggunakan sistem manual, dimana kalau ada kendala teknis terhadap alat uji kita terganggu dan kita akan menghentikan pelayanan sementara, ujarnya. Oleh karena itu, kita tidak mau menanggung resiko yang terjadi dilapangan” Ucap Bapak Aziz.

Kami berharap pemindahan gedung pengujian ini menjadi representative jarak tempuh kepada masyarakat wajib uji yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi pengujian dan memangkas waktu agar lebih cepat” tambahnya.

Dan kami juga sangat berterima kasih atas kunjungan tim awak media Gemantara News yang melakukan kontrol sosial ini yang sangat memahami pengujian kendaraan bermotor, untuk mengingatkan kami agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat karena itu adalah bagian tupoksi kami Dinas Perhubungan Darat bidang pengujian, tutupnya (red)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top