UJI KIR KAB CIAMIS TIDAK SESUAI ATURAN PM PERHUBUNGAN NO 19 TAHUN 2021

UJI KIR KAB CIAMIS TIDAK SESUAI ATURAN PM PERHUBUNGAN NO 19 TAHUN 2021

Pemerintahan Daerah 0 Comment 1

KAB CIAMIS, Gemantara News

Penyelenggaraan Pengujian kendaraan bermotor secara berkala untuk menjaga agar kendaraan tersebut tidak mengandung kekurangan kekurangan teknis yang tidak diketahui atau dapat juga menimbulkan bahaya baik untuk lalulintas, penumpang dan lingkungan.

Pada tanggal 2/08/2022, Tim awak media menyambangi pengujian kendaraan bermotor Kabupaten Ciamis di JL. RD. Oto Iskandardinata No.2, Benteng, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46211, pelayanan pendaftaran serta gedung pengujian terlihat bersih dan tertata rapi baik ruang tunggu maupun alur dari antrian kendaraan wajib uji pada saat itu.

Seperti biasanya tim awak media terlebih dahulu menemui pejabat yang berwenang dan memberitahukan maksud dan tujuan. Tim awak media bertemu dengan Ibu Ka.Bid Umum Ibu Euis Lia Saputri S.Kom dan didampingi Bapak Nurcholis selaku PLT Ka UPT yang menggantikan Ibu Siti Dj Yulianti S.IP.MM.

Adapun persyaratan pengujian yang dilakukan sesuai dengan Pepres No 1 Tahun 2022 Pasal 12 ayat (3), terdiri dari 9 item pengujian yang wajib dilakukan.

Namun lagi-lagi tim awak media Gemantara News menemukan pengujian kecepatan kendaraan, tingkat kebisingan suara kelakson/knalpot dan tembus cahaya pada kaca tidak dilakukan, dimana kita ketahui sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No 19 Tahun 2021 Pasal 12 ayat (3) bahwa ketiga pengujian tersebut menjadi bagian pengujian yang tidak terpisahkan.

Tim awak media Gemantara News menanyakan hal ini kepada Ibu Euis dan Bapak Nurchholis yang mendampingi pda saat itu, “Maaf Pa Alatnya Rusak” ucap mereka.

“Kapan perawatan ini dilakukan” ucap awak media, kita melakukan perawatan sekali setahun sesuai anggaran turun Pak, tambahnya lagi. Pihak Dinas Perhubungan tidak menampik temuan ini, sampai awak media pulang pengujian masih dilakukan.

Kami menyayangkan, mengapa ketidak siapan peralatan pengujian di tempat uji kir tidak menjadi perhatian khusus. Jika ini terus dilakukan akan menjadi citra buruk bagi pengujian kendaraan bermotor di Dishub Kabupaten Ciamis dan merugikan masyarakat serta dapat menimbulkan kecelakaan dijalan yang merugikan orang banyak, (red)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top