UJI KIR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PURWAKARTA TIDAK LAIK OPERASIONAL

UJI KIR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PURWAKARTA TIDAK LAIK OPERASIONAL

Peristiwa 0 Comment 84

PURWAKARTA, Gemantara News

Pemerintah Kabupaten Purwakarta Dinas Perhubungan khususnya tentang pengujian Kendaraan Bermotor Laik bertrmpat di Jl. Veteran No.1, Ciseureuh, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Bahwa pengujian laik jalan terhadap kendaraan bermotor sudah tidak memenuhi UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan jalan, PP Nomor 44 tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 71 tahun 1993 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor.

Pasalnya untuk melakukan pengujian kendaraan tersebut membutuhkan peralatan yang baik dan terkalibrasi tentunya sesuai pantauan Gemantara News dilapangan banyak ditemukan kejanggalan pada saat dilakukan pengujian tersebut bahwa alat uji Rem dalam kondisi Rusak Parah dan sudah 2 minggu ini tanpa ada tindakan untuk perbaikan dari hasil pantuan kami sejak 17/06/21.

Sesuai Pantauan Gemantara News dilapangan, diduga adanya kesalahan yang dilakukan dinas terkait dengan tidak mengindahkan aturan UU Nomor 22 Tahun 2009 PP Nomor 44 Tahun 1993.

Seperti ketahui bahwa Pengereman terhadap kendaraan bermotor sangatlah penting untuk kendaraan, untuk mencegah terjadinya tabrakan/kecelakaan yang dapat merenggut nyawa si pengemudi itu sendiri maupun orang lain.

Kepala Dinas Perhubungan Kab. Purwakarta Iwan Soeroso ketika hendak dikonfirmasi tidak ada ditempat “beliau lagi ada acara di Armed” Ujar Dedi.

Dedi Ristandi SE, Kepala Seksi pengujian ketika diminta keteranganya mengakui “itu sudah diadakan penganggaran tahun ini untuk pergantian alat yang rusak namun belum ada realisasi yang kami lihat” ujarnya.

mengenai adanyan alat yang rusak
sehingga tidak bisa mengoptimalkan pengujian kendaraan dan bagaimana menentukan laik jalan kendaraan kalau alatnya saja tidak laik difungsikan hal ini seharusnya diberhentikan atau sementara ditutup sampai tibanya alat yang baru dan terkalibrasi oleh pejabat berwenang

Dengan menggunakan alat digital dan berfungsi dengan baik, hasil uji bisa dipertanggungjawabkan serta lebih cepat dan akurat.

Selama ini, pengujian dilakukan dua tahap yakni pra uji (visual) dan uji mekanik (Alat Digital) Pra uji dilakukan terlebih dahulu dengan mengecek kondisi mobil. Sedangkan uji mekanik di antaranya: uji emisi gas buang, uji speedometer, uji lampu utama, uji kebisingan, Uji Rem dan sebagainya.(evans/korwil 2)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top