TROBOSAN BARU OLAH SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) DI DESA MEKAR SARI JATISARI KARAWANG

TROBOSAN BARU OLAH SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) DI DESA MEKAR SARI JATISARI KARAWANG

Berita Daerah 0 Comment 10

KARAWANG, Gemantara News

Pemerintah Desa Mekarsari Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang berhasil mengelola limbah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM).
Pemerintah Desa tersebut memanfaatkan limbah sampah plastik dalam upaya penglolaan limbah sampah yang selama ini menjadi masalah di libgkungan desa itu dan bahkan menjadi sumber-sumber penyakit dilingkungan sekitar.

Desa itu mulai merintis percobaan sampah plastik sudah setahun yang lalu, sekarang diolah kembali oleh pemerintah desa atas dukungan Kepala Desa, ujar Anto Budianto, Rabu (16/6/21).

Poses pengolahan limbah sampah plastik menjadi BBM, harus melalui proses mengembangkan alat pemusnah limbah plastik dengan cara pembakaran memakai tabung. Berbagai jenis limbah sampah plastik dimasukkan ketabung lalu pengapian tabung dalam waktu satu jam pembakaran.

Dari hasil penguapan pembakaran limbah plastik menghasilkan cairan berupa minyak atau bahan bakar, jelasnya. Karena keterbatasan peralatan pihak desa belum bisa mengetahui kandungan cairan minyak tersebut, masih perlu penelitian lebih lanjut. Gemantara News menghimbau Pemerintah daerah Kabupaten Karawang agar memberi perhatian untuk mempasilitasi dalam pemurnian kandungan minyak tersebut, dimana limbah plastik ini sudah menjadi beban dan berbahaya, ungkap Kepala Desa Mekarsari bapak Dede Gusnul.(OP Biro KRW)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top