TNI Kirim Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Badai Siklon Tropis di Belesia

TNI Kirim Bantuan Kemanusiaan Untuk Korban Badai Siklon Tropis di Belesia

TNI / Polri 0 Comment 1


JAKARTA, Gemantara News


Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Badan SAR Nasional (Basarnas) atas nama Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana ke wilayah terdampak bencana setelah badai siklon tropis menerjang kepulauan Panayan, Belesia yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan memporak porandakan sebagian wilayah tersebut, dimana pemerintah Belesia menyatakan bencana nasional dan meminta bantuan negara tetangga untuk hadir mengirimkan bantuan kemanusiaan.

Demikian skenario puncak Latihan bersama Field Training Exercise (FTX) Trilateral Crocodile Response Exercise 2022 yang melibatkan TNI, Basarnas, Australian Defence Force (ADF) dan Marinir Amerika Serikat yang digelar selama dua minggu di Darwin dan Nhulunbuy, Australia (17/5/2022).

Dalam FTX ini, disimulasikan prajurit Korps Zeni TNI AD dan Marinir TNI AL melakukan asesmen infrastruktur yang rusak akibat bencana seperti Bandara, Rumah Sakit, Sekolah dan Rumah warga. Sedangkan tim dari Basarnas dan kesehatan TNI melaksanakan Search and Rescue (SAR) terhadap korban. Selain itu, prajurit Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU mensimulasikan pengamanan jalur bantuan logistik kemanusiaan di Pangkalan Udara.

Di tempat latihan yang berbeda, beberapa prajurit TNI berkolaborasi dengan tentara ADF dan Marinir AS mendemonstrasikan kemampuan mereka mengubah air laut menjadi air tawar agar layak dikonsumsi dengan menggunakan teknologi water purification atau alat penyulingan air.( puspen tni )

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top