SUKSESKAN PILKADES ANTAR WAKTU DESA WARJABAKTI KECAMATAN CIMAUNG

SUKSESKAN PILKADES ANTAR WAKTU DESA WARJABAKTI KECAMATAN CIMAUNG

Pemerintahan Daerah 0 Comment 1

KAB. BANDUNG, GementaraNews.

Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Warjabakti Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, hari ini Minggu 22 Mei 2022 menggelar acara Sosialisasi Calon Kepala Desa Antar Waktu (PAW), bertempat di GOR desa setempat dimulai pada jam 09:00 WIB.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai hajatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Warjabakti untuk memilih Calon Kepala Desa PAW, dimana Kades yang menjabat sebelumnya (Tatang Ridiyat) meninggal sebab sakit.

Bahwa untuk teknis pelaksanaan hal tersebut, akan diselenggarakan oleh P2KD melalui mekanisme perwakilan Tokmas di 13 RW (155 orang) yang hari H-nya Rabu (25-05-2022).

Nampak hadir pada acara itu antara lain, Jajaran Panitia P2KD, BPD, Camat Cimaung, Perwakilan Kapolsek & Danramil, Pejabat Kepala Desa, Panwas Kecamatan, Perwakilan Apdesi, Satpol PP, para Ketua RT/RW, 155 orang Tokmas dan tentunya 3 kandidat calon Kades PAW beserta istri dan elemen masyarakat lainnya.

Dari pantauan awak media yang meliput langsung, diperkirakan kehadiran lebih dari 170 orang dengan tertib menempati tempat yang disediakan panitia. Tampak peserta undangan umumnya kenakan masker ikuti anjuran Prokes.

Adapun para kandidat yang ikut dalam ajang pemilihan tersebut antara lain :
Dadang Sunandar Diansah yang mendapatkan nomor urut 1, Maman Surahman, SPd di nomor urut 2 dan Uus Sujana di nomor 3.

Susunan acara pokok dalam daftar pembawa acara tercatat yaitu :
1.Sambutan Ketua Panitia P2KD Warjabakti 2.Uraian, paparan tentang Visi dan Misi dari para calon Kades PAW.

Pantauan di acara sambutan-sambutan yang terekam awak media, yaitu dari Ketua Panita Pilkades Syamsu, Ketua BPD Sutiono, Ketua Panwas Teguh, Camat Cimaung Kasta Wiguna serta ditutup do’a oleh Ketua MUI Desa, Ustadz Nana Juhana.

Dalam kata sambutan senada yang terhimpun, baik dari Ketua Panitia Pilkades maupun Ketua BPD Warjabakti, berupa hal-hal penting agar perwakilan masyarakat di 13 RW sebanyak 155 orang pahami tata cara dan aturan mainnya yang mesti ditaati dan dilaksanakan di pemilihan nanti.

Terdengar juga paparannya, bahwa acara sosialisasi Kades PAW ini adalah momen penting untuk diikuti, hingga paparan visi dan misi dari para calon Kades PAW terkait program Desa Warjabakti kedepannya diketahui masyarakat.

Ditegaskan “maju mundurnya Desa Warjabakti kedepannya akan sangat bergantung pada 155 orang penentu sebagai tokmas mewakili masyarakat Desa dalam memilih dan memilah calon Kepala Desa Warjabakti”.

Ketua BPD secara khusus mengupas perihal mekanisme tentang tata cara dan aturan pemilihan Kades PAW Desa Warjabakti di tanggal 25 Mei nanti kepada semua hadirin.

Sementara itu Ketua Panwas menyampaikan ;

“Marilah kita sama-sama melaksanakan serta bertanggung jawab untuk menjaga kekondusifan dan kelancaran acara pemilihan kepala desa nanti” pesan dan ajakan disampaikan Panwas.

“Setelah selesai dengan baik, maka kembali lagi dengan baik-baik. Ini hanya salah satu proses demokrasi saja, harapan kepada calon agar menjaga kekondusifan”

“Semoga berjalan aman tertib dan lancar sesuai harapan semua” harapnya.

Hal penting yang disampaikan Camat Cimaung, Kasta Wiguna dalam sambutannya berikan apresiasi kepada semua pihak dimana tahapan-tahapan giat panitia telah berjalan lancar.

Camat mengatakan, “Semua calon saya kenal dengan baik, tinggal takdir dari Allah saja yang akan menentukan siapa yang akan terpilih nanti, Desa Warjabakti kudu ngahiji (harus bersatu), ini bukan pemilihan tapi ini adalah proses musyawarah masyarakat desa” ujar Camat.

“Ini adalah musyawarah menentukan Kepala Desa PAW Warjabakti jabatan periode 2019-2025 melanjutkan tiga tahun kedepan, dan dilaksanakan melalui metode musyawarah bukan pemungutan suara seperti biasa. Pemangku hajat seluruhnya adalah BPD Warjabakti” ungkap Camat.

“Tanggal 25 Itu bukan hari pemilihan bukan hari pemungutan suara, tapi musyawarah. Harus dimulai sah dan diakhiri dengan sah pula” tandasnya.

Di sela-sela pelaksanaan gelaran acara, awak media berkesempatan mewawancarai Pejabat Kepala Desa Warjabakti, Ahmad Kusnadi, SE untuk dipintai harapannya.

“Harapan saya adalah pelaksanaan Pilkades nantinya berlangsung secara kondusif, sukses tanpa ekses” ucap Ahmad Kusnadi.

“Kita sama sama akan menunjukkan kedewasaan dalam berpolitik, karena Pilkades itu hanyalah satu proses yang pada akhirnya akan ditampilkan oleh Allah siapapun itu untuk menjadi pemimpin Desa Warjabakti” pungkasnya.

Perlu diberitahukan, berdasarkan penulusuran informasi valid juga sesuai yang diutarakan, bahwa Pemilihan Kepala Desa PAW ini, di Kabupaten Bandung baru terjadi di Desa Warjabakti Kec. Cimaung. Tidak heran bila muncul harapan, mudah-mudahan Desa Warjabakti menjadi barometer Kab. Bandung.

Diakhir, terkait visi misi tiga calon Kades PAW Desa Warjabakti, secara khusus tim media akan mengemas rilisannya secara tersendiri sebagai tindak lanjut.(Yudi)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top