SEGO TEMPONG “MBAK HAR” YANG BENAR BENAR KHAS BANYUWANGI

SEGO TEMPONG “MBAK HAR” YANG BENAR BENAR KHAS BANYUWANGI

Ekonomi 0 Comment 19

BANYUWANGI, Gemantara News

Sego Tempong adalah salahsatu menu masakan tradisional yang menjadi ciri khas Kabupaten Banyuwangi. Suguhan nasi hangat berbalut sambal pedas dengan disertai beraneka lauk serta sayuran segar membuat ketagihan para penggemarnya.

Di Kabupaten Banyuwangi sendiri ada puluhan bahkan mungkin bisa ratusan warung yang menjual sego tempong,tetapi cita rasa masakan serta sangat terjaga kebersihannya.
“Kalau tidak percaya boleh dilihat sendiri,bahkan dapur tempat memasak juga bersih. Tidak seperti yang lain,alias bersih di depan tetapi didapur tidak bersih dan kotor.

Seperti yang ada di Warung Sego Tempong “Mbak Har”, dengan rasa sambal yang ekstra pedas, beraneka sayuran kukus segar, serta aneka macam lauk pauk mulai dari yang berbahan daging sapi, ayam kampung, ikan air tawar,pepes oleng, maupun seafood yg masih segar, begitu lengkap tersaji disana memanjakan para pelanggannya yang datang. Dan ayamnya tidak pernah ayam potong atau yang lain,bisa dipastikan pakek ayam kampung.

Berlokasi dipinggir jalan provinsi masuk wilayah pasar Desa Benculuk Kecamatan Cluring, warung yang didirikan oleh Almarhumah Hj. Hariyati sejak tahun 97an itu kini dikelola oleh Dedy Awang Cahyono putra pertamanya.

“Dulu warung sego tempong Mbak Har tidak seramai ini,Almarhumah berjuang untuk usaha warung ini tidak semudah membalik telapak tangan,beliau dengan susah payah ,akan tetapi karena almarhumah ibu saya juga keturunan orang orang yang juga pinter masak,serta ulet dalam bekerja,akhirnya jadi seperti sekarang ini,” tutur Dedy yang sebelumnya juga dikenal sebagai Sales Supervisore Auto 2000 Balikpapan Kalimantan Timur. Jum,at (21/5/2021).

Masih kata Dedy, warung sego tempong “Mbak Har” dalam menjaga kwalitas menu masakan selain sambal dan bumbu memakai resep rahasia keluarga bahan-bahan yang digunakanpun dijamin selalu fresh.

Bahkan sampai sekarang banyak pelanggan yang dari luar kota. Ada juga pelanggan yang keluarganya datang dari luar negri kalau menjamu pasti ke warung sego tempong mbak Har.

“Semoga kedepan warung sego tempong mbak Har terus berkembang sehingga kita juga selalu bisa menikmati cita rasa sambel tempong yang menjadi ciri khasnya dan telah melegenda itu.”pungkasnya seraya tersenyum manis. Dan saya berani diadu rasa masakan serta kebersihan dengan yang lain,serta warung ini juga selalu menerapkan PROKES dengan ketat,Dedy menambah omongannya.

Memang selama ini, tidak hanya warga masyarakat biasa yang datang dan menjadi pelanggan warung sego tempong “Mbak Har”, tapi beberapa figur publik baik pejabat maupun artis ternama juga tercatat sering mampir untuk menikmati menu masakannya, bahkan beberapa diantaranya diabadikan dengan memajang fotonya didinding warung. (Puji)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top