PPKM LEVEL 4 LANJUT, NAMUN ADA KELONGGARAN UNTUK USAHA KECIL

PPKM LEVEL 4 LANJUT, NAMUN ADA KELONGGARAN UNTUK USAHA KECIL

Pemerintahan 0 Comment 54

JAKARTA, Gemantara News

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang telah berakhir 25 Juli, menemui titik terang, dengan tetap waspada menghadapi Varian Delta yang sangat menular, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan melanjutkan PPKM level 4 namun dengan “pelonggaran” untuk usaha kecil.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam konferensi virtual yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi dan dinamika sosial, saya memutuskan melanjutkan menerapkan PPKM level 4 dari 26 Juli sampai 2 Agustus, namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati – hati,” ungkap Jokowi.

Sebagai relaksasi, dalam PPKM level 4 lanjutan ini, sejumlah aturan diubah.

Pasar rakyat yang menjual sembako sehari – hari di ijinkan buka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok bisa buka kapasitas maksimum 50 persen dengan jam buka terbatas sampai pukul 15.00 WIB.

Sedangkan untuk usaha – usaha kecil seperti pedagang kaki lima, diizinkan buka tetap dengan protokol kesehatan ketat sampai jam tertentu.

“Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha – usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 WIB yang peraturan teknisnya diatur pemerintah daerah,” kata Jokowi.

“Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 WIB dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit,” ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan hal – hal teknis lainnya terkait relaksasi PPKM level 4 akan dijelaskan oleh menteri koordinator dan menteri terkait.

“Jokowi juga menyatakan pemerintah akan meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat karena dampak pandemi COVID 19 ini menyasar sektor ekonomi juga”. (Lalu/evans)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top