PETERNAK AYAM KAMPUNG DI DAIRI BENTUK KOMUNITAS P.A.K – DAIRI

PETERNAK AYAM KAMPUNG DI DAIRI BENTUK KOMUNITAS P.A.K – DAIRI

Berita Daerah 0 Comment 56

DAIRI – SUMATERA UTARA, Gemantara News

Ayam kampung merupakan salah satu jenis unggas yang telah memasyarakat dan tersebar di seluruh pelosok nusantara, khususnya di Kabupaten Dairi.

Ayam kampung disukai orang karena dagingnya yang kenyal dan “berisi”, tidak lembek dan tidak berlemak. Selain itu daging ayam kampung memiliki keunggulan dibandingkan daging ayam broiler, karena kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Dagingnya mengandung 19 jenis protein dan asam amino yang tinggi. Kadar lemaknya juga relatif lebih rendah bila dibandingkan daging pada bagian pahanya. Ayam kampung dipelihara oleh masyarakat terutama sebagai sumber protein hewani baik berupa telur maupun daging.

Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan pemeliharaan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut.

Beberapa pemuda peternak ayam kampung di Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara, bersatu hati bergabung untuk membentuk suatu komunitas yang diberi nama “P.A.K Dairi” (Peternak Ayam Kampung Dairi).

“Tujuan dari P.A.K Dairi dibentuk adalah untuk membantu Peternak Ayam Kampung di Kabupaten Dairi agar dapat secara maksimal menghasilkan ayam kampung pedaging ataupun menghasilkan telur, dan diharapkan juga dapat berbagi ilmu ataupun sharing ilmu tentang manajemen peternakan.” ujar Rudi Tanadi sebagai Ketua komunitas P.A.K Dairi.

Didalam Komunitas P.A.K Dairi ada beberapa Manajemen yang akan dikelola bersama yaitu, Manajemen Pakan, Manajemen Kandang, Manajemen Suplemen, Manajemen DOC, Manajemen Pemasaran dan Manajemen mesin tetas.

“Saya juga berharap agar peternak ayam kampung yang ada di Kabupaten Dairi mau dan ikut bergabung dalam Komunitas ini, disini kami akan membantu teman-teman peternak agar dapat mengembangkan peternakannya sehingga mengasilkan ternak yang berkwalitas dalam daging dan menghasilkan telur yang berkwalitas pula.” ungkap Rudi.

Komunitas ini dipimpin oleh Rudi Tanadi sebagai Ketua, Batara Sihombing sebagai Sekretaris dan Daniel Manullang sebagai Bendahara Komunitas, dan ada beberapa divisi yang dibentuk untuk membantu dan menjalankan visi dan misi komunitas.

“Dalam komunitas ini juga kita akan membahas dan membudidayakan pakan alternatif ataupun pakan tambahan berupa magot BSF (Black Soldier Fly) dan Azolla.” ujar Batara Sihombing.

“Kami juga mengharapkan agar peternak ayam kampung dapat memproduksi DOC sendiri sehingga tidak menjadi ketergantungan bibit DOC dari daerah luar, dan setiap anggota komunitas akan mendapatkan potongan harga dari harga pasar dalam membeli pakan di poultry shop yang dihunjuk, hanya dengan menunjukkan kartu anggota komunitas”. Tambah Rudi.

Komunitas Peternak Ayam Kampung Dairi (P.A.K Dairi) diprakarsai oleh beberapa anak muda peternak ayam kampung. Komunitas ini dibentuk pada bulan Juli 2021 di rumah Rudi Tanadi di daerah Batangberuh, Kabupaten Dairi. (Lenan)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top