PESERTA AJANG PENGANUGRAHAN  HASSAN WIRAJUDA PERLINDUNGAN AWARD SALAH SATUNYA ADALAH DESA TAMAN ENDAH

PESERTA AJANG PENGANUGRAHAN HASSAN WIRAJUDA PERLINDUNGAN AWARD SALAH SATUNYA ADALAH DESA TAMAN ENDAH

Berita Daerah 0 Comment 17

LAMPUNG TIMUR, GemantaraNews

Penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Menteri Luar Negeri RI, salah satu pesertanya adalah desa Taman Endah, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

Desa Taman Endah Bisa mengikuti ajang ini di dasari pada pengalaman masyarakatnya yang rela/berjuang sebagai TKI/pekerja migran.

Seperti yang di sampaikan Basir sebagai Kepala Desa Taman Endah, awal dari dimulainya tenaga migran pada tahun 1996, baik laki – laki maupun perempuan.

Dilihat dari pengalaman dan keberhasilan para perintis TKI/tenaga migran,maka dari itu, masyarakat desa Taman Endah berlomba-lomba untuk menjadi pekerja migran keberbagai negara tujuan, seperti Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Singapore, Malaysia, dan negara lainnya, dan diawali
dari tahun 1996 sampai tahun 2006, negara yang jadi primadona para calon migran adalah negara Korea Selatan.

Keberhasilan para migran tersebut, mereka mampu membuka peluang berbagai jenis usaha mandiri ataupun kelompok seperti peternakan, perikanan dan koperasi.

Dan atas keberhasilan mereka, pemerintah merekomendasikan baik pusat maupun daerah, selalu berkordinasi dengan pihak terkait,
hingga pemerintah desa ataupun pengurus kelompok- kelompok usaha para eks migran yang ada didesa Taman Endah langsung dibina oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia ( BP2MI ) ujar Basir.

Hasil kesepakatan pemerintah dan dewan Hasan Wirajuda Perlindungan Award, pada hari Kamis (18/11/2021) menunjuk desa Taman Endah sebagai salah satu peserta kontestan nasional dari Lampung.

Camat Purbolinggo, Amir mengatakan, kita harus bangga salah satu desa yang ada diwilayah Purbolinggo ini, bisa masuk dalam penganugrahan penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan Award, semoga apa yang sudah dilakukan masyarakat desa Taman Endah khususnya di bawah binaan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat serta meningkatkan program yang sudah dijalankan.

Begitu juga dengan Tenaga Kerja Indonesia(TKI) yang masih berada diluar negeri tetap semangat untuk berbuat baik dan saling berkordinasi dengan yang lain, tutup Camat Purbolinggo ( fk.nainggolan, anton)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top