PENILAIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DAN SURVEI INTERNAL INTEGRITAS ORGANISASI KOREM 062/TN KODAM III/SILIWANGI TAHUN 2021

PENILAIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DAN SURVEI INTERNAL INTEGRITAS ORGANISASI KOREM 062/TN KODAM III/SILIWANGI TAHUN 2021

TNI / Polri 0 Comment 19

GARUT, Gemantara News

Survei Kepuasan Masyarakat merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan publik dalam hal ini adalah Korem 062/Tarumanagara yang juga menyelenggarakan Pelayanan khususnya Bidang Fungsi Pertahanan. Adapun Tujuan diadakannya pengukuran kepuasan adalah untuk mendapatkan umpan-balik atas kualitas pelayanan yang telah dilakukan penyelenggara pelayanan. Melalui survei kepuasan, masyarakat didorong untuk memberikan partisipasi sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan agar terjadi peningkatan atau perbaikan kualitas pelayanan dengan melakukan inovasi-inovasi pelayanan atas masalah yang disampaikan masyarakat dan konsumen saat survei kepuasan.

Sesuai Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik bahwa penyelenggara wajib mengikutsertakan masyarakat sebagai upaya membangun sistem yang adil, transparan dan akuntabel. Survei kepuasan diatur secara teknis ke dalam Peraturan Menteri PAN-RB No. 16/2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik. Permenpan-RB No. 16/2014 kemudian disempurnakan melalui Permenpan-RB No. 14/2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Unit kerja Penyelenggara Pelayanan Publik.

Hasil Survey terhadap 50 Sample Masyarakat diwilayah Binaan Kodim 0611/Garut, tentang kepuasan terhadap kinerja Babinsa Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Staf Perencanaan TNI AD ( Letkol Arm firstya Andrean Gistrias beserta rombongan) yang dilaksanakan pada 16 Juni 2021 dengan Hasil / Nilai IKM ( Indeks Kepuasan Masyarakat ) Kategori B dengan presentase 83,48%.

Selain survei terhadap masyarakat tim Srenad juga melaksanakan Survei internal integritas Organisasi terhadap 50 Orang Prajurit dan PNS Korem 062/Tn secara acak. Dengan hasil presentase 85,75% ( Katergori B, Kinerja Baik).

Kegiatan kunjungan tim survei internal integritas organisasi dan jabatan TNI AD 2021 dalam rangka melaksanakan survei internal integritas organisasi dan jabatan TNI AD. Dimana Korem 062/Tn adalah salah satu satuan kerja TNI AD yang terpilih menujupredikat Wilayah Bersih Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kegiatan ini untuk melihat sampai sejauh mana kita sebagai prajurit dalam melakukan tugas-tugas jabatan dan organisasi sesuai dengan bidang masing-masing, nantinya akan dijadikan bahan evaluasi dan rekomendasi oleh Satuan Atas.( penrem 062/Tn )

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top