PENGUKUHAN PENGURUS CABANG HUDA KECAMATAN BAKTIYA BERLANGSUNG KHIDMAD DAN SEDERHANA

PENGUKUHAN PENGURUS CABANG HUDA KECAMATAN BAKTIYA BERLANGSUNG KHIDMAD DAN SEDERHANA

Kegiatan 0 Comment 29

ACEH UTARA, Gemantara News

Prosesi pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Cabang Himpunan Ulama Dayah Aceh (PC HUDA) Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara di awali dengan Shalat Maghrib berjama’ah yang dilanjutkan dengan zikir ba’da maghrib, kemudian Shalat Isya berjama’ah yang dilanjutkan dengan kegiatan pelantikan dan pengukuhan, kemudian dilanjutkan dengan tausiah.

Rangkaian acara diakhiri dengan do’a dan makan bersama.
Tgk. H. M. Jafar Sulaiman (Abi Lueng Angen) pada sesi tausiyahnya, memberikan bimbingan rohani kepada seluruh jamaah yang hadir dengan mengutip pesan Rasulullah SAW yang artinya “Aku tinggalkan kepada kalian dua nasehat ; yang pertama nasehat yang pandai bicara dan yang kedua nasehat yang diam saja. Sahabat bertanya, nasehat yang pandai bicara itu apa ya Rasul? Baginda menjawab, “Al-Quranul Karim”. Seluruh surat di dalam Al-Quran itu merupakan nasehat bagi umat Islam.

Apapun yang kalian kerjakan, kemana pun kalian pergi, bertanyalah kepada Al-Quran, mintalah nasehat darinya. “Bertanya langsung ya Rasul?” Beliau menjawab, “Tentu tidak”. Jika kalian tidak mengerti, bertanyalah kepada yang mengerti Al-Quran yaitu para ulama, guru-guru dan sebagainya.

Kemudian sahabat bertanya lagi, kalau nasehat yang diam saja itu apa ya Rasul? Beliau menjawab nasehat yang diam saja itu maut (mati). Ia diam saja, tidak bicara tapi seolah-olah dia bicara, memberitahukan kepada yang hidup bahwa kalian akan mengalami hal yang sama (kematian) yang pasti datangnya”, demikian tutur Abi Jafar.

Pada kesempatan tersebut beliau juga mengharapkan pengurus PC HUDA Kecamatan Baktiya dapat menjadi seri teladan bagi seluruh masyarakat dan selalu bersatu padu dalam melaksanakan aktifitas dalam kepengurus PC HUDA Kecamatan. Agar Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) bisa lebih bermanfaat bagi keselamatan ummat dunia dan akhirat.

Abi jafar menyebutkan dengan adanya pelantikan PC HUDA Kecamatan Baktiya, semoga dapat memperkokoh persatuan umat islam dan menjalin silaturrahmi antar ulama dayah, demi menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. Pada bagian penutup tausiahnya beliau menyampaikan Atsar Umar Bin Khattab yang artinya “tidak ada Islam kecuali dengan berjama’ah, dan tidak ada jama’ah kecuali dengan adanya kepemimpinan, dan tidak ada (gunanya) kepemimpinan kecuali dengan ketaatan.

Untuk itu mari kepada kita semua kita perkokoh rasa persatuan dan kita tingkatkan pemahaman kita terhadap ajaran agama Islam sehingga kita menjadi orang-orang yang senantiasa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, dan khususnya kepada pengurus PC HUDA Kecamatan Baktiya yang baru dilantik yang merupakan ulama-ulama muda, mari bersinergi bersama untuk melaksanakan amar ma’ruf nahi mungkar secara berjama’ah agar terciptanya masyarakat yang sejahtera dunia dan akhirat”, demikian pungkasnya.

Kegiatan Pengukuhan PC HUDA Kecamatan Baktiya yang digelar didalam Masjid Besar Baiturrahman Kecamatan Baktiya, Ahad malam, (26/12/2021) dengan penuh khidmad dan sederhana ini dilakukan oleh pimpinan dayah Nurul Kamal Al-Aziziyah Matangkuli selaku Ketua Umum PW HUDA Aceh Utara yaitu Abi H. Ibnu Sakdan, TB.S.Sos.I, yang disaksikan oleh Majelis Syura dan Tanfiz PW HUDA Kabupaten Aceh Utara dan juga disaksikan oleh ulama-ulama yang ada di Aceh Utara.

Pengurus PC HUDA Kecamatan Baktiya masa bakti 2021-2026 sebanyak 72 orang yang diketuai oleh Tgk. H. Amiruddin (Tu Din Meunye 4 (Ketua Umum), Tgk. Hermansyah (Wakil Ketua), Tgk. Nasruddin M. Yasin (Ketua I), Tgk. Syahril (Ketua II), Tgk. Zulkifli, S.Pd.I (Ketua III), Tgk. Muzakir (Ketua IV). Dr. (Cand) Ust. T. Ibnoel Hajar, S.Pd.I., M.Pd (Sekretaris Umum), Tgk. Murtazabuddin, S.Kom (Wakil Sekretaris Umum), Tgk. Nasrullah, SH (Sekretaris I), Tgk. Munazir, S.Pd.I (Sekretaris II), Tgk. M. Ali AR (Bendahara Umum), Tgk. Muharuddin (Wakil Bendahara), Tgk. Amrullah (Bendahara I) dan Tgk. Sulaiman (Bendahara II).
Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Ulama Kharismatik Aceh, Tgk. H. M. Jafar Sulaiman (Abi Jafar Lueng Angen), Dr. Tgk. H.M. Zuhdi, Lc., MA, Tgk. Iskandar, S.PdI (Mandat PC HUDA Baktiya), Wakil Bupati Aceh Utara Tgk. Fauzi Yusuf, Tgk. Abdul Wahed (Abi Glumpang Samlako), Camat Baktiya, Kapolsek Baktiya, Danramil Baktiya, Kepala KUA Baktiya, para Imum Mukim dan Geuchik di Kecamatan Baktiya, ratusan santri dayah dalam Kecamatan Baktiya, Tokoh Masyarakat, Cerdik Pandai dan jamaah serta para undangan lainnya.(Haitami)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top