PEMKAB TASIKMALAYA GUNAKAN GEDUNG SEKOLAH SMPN 1 SARIWANGI ISOLASI MANDIRI

PEMKAB TASIKMALAYA GUNAKAN GEDUNG SEKOLAH SMPN 1 SARIWANGI ISOLASI MANDIRI

Berita Daerah 0 Comment 9

KAB. TASIKMALAYA, Gemantara News

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya – Jawa Barat memanfaatkan sejumlah gedung sekolah negeri yang tidak digunakan dimasa pandemi ini, untuk tempat isolasi mandiri pasien Covid-19. Dimana Pengelolaannya diserahkan kepada masing-masing desa.

Begitu juga dengan Kampung Kertasari Desa Sariwangi Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya memanfaatkan Gedung SMPN 1 Sariwangi untuk pemanfaatan penanganan pasien Covid-19 yang terpapar virus Corona menjadi Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) ditanah seluas 6.424(m2).

Dengan tersedianya tempat isolasi di masing-masing desa, “saya berharap penularannya tidak menyebar ke anggota keluarga yang lainnya karena ketika isolasinya di rumah, potensi menular ke orang terdekat sangat besar, Kita harus peduli dan sayang keluarga dirumah” imbuh Bpk Asep Zam Zam N selaku Camat Sariwangi.

Sedangkan pemanfaatan Gedung SMPN 1 Sariwangi sudah digunakan 10 hari kebelakang sampai hari ini.

Alasan Memanfaatkan bangunan sekolah yang ada karena penuhnya RS Daerah Kab Tasikmalaya dan disini ruangannya banyak. Ruangan-ruangan itu bisa menampung warga yang menjalani isolasi mandiri dalam jumlah banyak, imbuh Camat Sariwangi.

Adapun Kapasitas Penanganan Pasien Covid-19 di Gedung SMPN 1 Sariwangi mencapai 5% dari Kapasitas yang ada (500 org) ucap Camat Sariwangi

Sejak digunakan Gedung SMPN 01 Sariwangi Jumlah pasien terdata sampai saat ini berjumlah 20 orang termasuk Lansia, dewasa dan anak-anak.

Semua pasien yang terisolasi berasal dari penduduk Desa Sariwangi itu sendiri.

Dari catatan yang kami dapatkan semua pasien dalam proses pemulihan dan jika nanti sudah dilakukan Swab kembali dan hasilnya Negativ maka pasien diperbolehkan pulang, namun tetap masih dalam pantauan Tim Prokes Covid-19.

Dari pemantauan Gemantaranews, penangan pasien Covid-19 sudah dilakukan sesuai prosedur, baik dari obat-obatan, makanan dan ventilasi udara Gedung tersebut., mengingat Gedung SMPN 01 Sariwangi bukanlah tempat penanganan seperti hal nya rumah sakit, namun pihak Camat setempat dan perangkat Desa Sariwangi serta Stakeholder bersama sama Dinas Kesehatan (Puskesmas Sariwangi) mengoptimalkan gedung tersebut untuk penangan pasien Covid-19 yang terpapar virus corona yang saat ini sedang melonjak ditanah air.

Masyarakat setempat juga ikut andil didalam membantu kebutuhan makanan pasien terpapar Covid-19, mereka saling gotong royong untuk berbagi demi kesembuhan warga Desa Sariwangi khususnya. Tentunya diawasi oleh pihak Dinas Kesehatan dan Tim Prokes Gugus Tugas Covid-19. ( evans)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top