PEMERINTAH PUSAT TELAH MENTRANSPER DANA LINSOS KE DAERAH RAKYAT HARUS TAU

PEMERINTAH PUSAT TELAH MENTRANSPER DANA LINSOS KE DAERAH RAKYAT HARUS TAU

Pemerintahan 0 Comment 343

JAKARTA, Gemantara News

Dana untuk program perlindungan sosial sudah ditransfer pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Jadi kalau program perlindungan sosial belum dilaksanakan, jangan salahkan pusat melulu, tanyakan kepada kepala daerahnya, kenapa dana itu belum digunakan?

Menteri Keuangan Sri Mulyani menemukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi baru cair sekitar Rp4,65 triliun atau 18,26 persen dari total pagu mencapai Rp25,46 triliun. Padahal dana tersebut berasal dari pemerintah pusat dan telah ditransfer ke daerah.

Ani merinci anggaran itu terdiri dari pos perlindungan sosial senilai Rp12,11 triliun dan pos pemberdayaan ekonomi untuk membantu usaha kecil hingga pedagang kaki lima sekitar Rp13,35 triliun.

Dari alokasi tersebut, realisasi penggunaan anggaran perlindungan sosial baru mencapai Rp2,3 triliun atau 19,2 persen dari pagu. Sementara penyaluran dana pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat baru cair Rp2,35 triliun atau 17,2 persen.

“Jadi dari APBD ada anggaran Rp25,46 triliun yang seharusnya bisa dirasakan. Saat ini kita melihat realisasinya masih sangat kecil,” ucap Ani, sapaan akrabnya, saat konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu (17/7).

Padahal dari total pagu itu, sambungnya, penyaluran dana seharusnya dibagi lagi untuk program bantuan sosial (bansos) mencapai Rp6,9 triliun. Lalu, masuk ke program bantuan makanan dan perlindungan sosial lainnya sekitar Rp5,2 triliun.

Ada juga untuk subsidi pertanian yang berada di pos pemberdayaan ekonomi dengan nilai pagu Rp11 triliun.

“Ini nanti kita harap akan segera dicairkan sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat terutama dalam kondisi saat ini,” tegasnya. (Lalu/Biro jakarta)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top