PELAKSANAAN SILATURAHMI PEMERINTAH KOTA DENGAN PEMUKA AGAMA DAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN DI JAKARTA TIMUR TH.2022

PELAKSANAAN SILATURAHMI PEMERINTAH KOTA DENGAN PEMUKA AGAMA DAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN DI JAKARTA TIMUR TH.2022

Pemerintahan 0 Comment 1

JAKARTA TIMUR, Gemantara News

Sekretariat Ekbang Gemantara Jakarta Timur mengikuti kegiatan pelaksanaan silaturahmi Pemerintah Kota dengan Pemuka Agama dan Organisasi Kemasyarakatan di Jakarta Timur, Tahun Anggaran 2022, yang diwakili oleh Sekretaris Ekbang Gemantara Bapak Abdul Hakim.

Kegiatan yang di selenggarakan ini merupakan kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan di dalam kota melalui silturahmi formal maupun coffee morning antara Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dengan elemen masyarakat yang ada.

Sehubungan dengan Pandemi Covid-19 ini, maka kegiatan ini dilaksanakan dengan virtual/media zoom meeting, semoga tidak mengurangi makna dan bobot kegiatan ini.
Untuk dipahami bersama bahwa Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang di kepalai oleh (A.Yani Jusuf, SH,M.Si), dan juga turut berpartisipasi beberapa narasumber yakni : Wali Kota Jakarta Timur (M. Anwar. M.Si., M. AP.) Wakil walikota (Hendra Hidayat), Subkoor KESBAK ( Drs. Ismail Machmud), Kasih Bimas Islam Kankemenag Kota Jakarta Timur (Drs. H. Lukman HT, M. Si), Direktur Center Of Stundy For Indonesian Leadersip (Abdul Malik, SE. MM.), Ketua FKUB Jakarta Timur ( KH. Ma’arif,MA.)

Melaksanakan kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaring masukan dan informasi yang tengah berkembang di masyarakat untuk selanjutnya menjadi bahan pengambilan kebijakan sehingga terjadi sinergitas dan partisipasi antara Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dengan Pemuka Agama, Pimpinan dan Anggota Organisasi Kemasyarakatan dalam menyatukan langkah dan komitmen guna mencari solusi dan memecahkan berbagai permasalahan sehingga terbangun kebersamaan dalam mendukung keberhasilan pembangunan di Kota Administrasi Jakarta Timur.

Selain itu, menjadikan Pemuka Masyarakat dan Tokoh Agama sebagai Garda terdepan dalam mengetuk kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan diberbagai bidang akan lebih efektif. Sehingga dalam setiap pelaksanaan kegiatan silaturahmi Pemerintah Kota dengan Pemuka Agama dan Organisasi Kemasyarakatan di Jakarta Timur kita akan mengangkat issu yang sedang berkembang di tengan masyarakat, seperti pada kali ini kita akan mengangkat issu peran Pemuka Agama dan Ormas dalam mensikapi Pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahun ke 3.

Pada kesempatan kali ini saya( WaliKota Jakarta Timur M. Anwar. M.Si., M. AP. dan Wakil walikota Hendra Hidayat ) hendak menggaris bawahi masalah berita hoaks. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘hoaks’ adalah berita atau informasi bohong, yang didefinisikan sebagai kebohongan yang dibuat dengan tujuan tertentu guna menipu, mempermainkan, memperdaya kelompok tertentu untuk kepentingan kelompok yang lain.

Lalu, bagaimana caranya agar kita tidak tertipu dari berita hoaks ? Untuk menghindari dari berita hoaks saya tekankan 2 (dua) hal, yaitu :

  1. Kalau suatu berita kedengarannya tidak mungkin, bacalah dengan lebih teliti karena seringkali itu karena memang itu tidak mungkin.
  2. Jangan share artikel/foto/pesan berantai tanpa membaca sepenuhnya dan yakin akan kebenarannya.

Saya yakin, Bapak-bapak, Ibu-ibu peserta kegiatan kali ini sebagai Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama & Pengurus/Anggota Ormas dapat mensikapi lebih bijak untuk mencerna dan memahami berita yang diterima sekaligus dapat meluruskan bila ada berita yang tidak benar yang berkembang di masyarakat.

Selain berita Hoaks, kita juga dituntut untuk lebih bijak dalam menerima issu-issu yang sengaja dihembuskan yang dapat merusak sendi–sendi persatuan dan kesatuan bangsa. Issu negative yang dapat merusak persatuan, kerukunan dan keharmonisan yang selama ini sudah jaga diantaranya Issu sensitif mengenai Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan serta Issu kecemburuan sosial. (dulkim/jaktim)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top