MPLS SMP NEGERI 1 TAMBUN SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023 BERJALAN LANCAR

MPLS SMP NEGERI 1 TAMBUN SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023 BERJALAN LANCAR

Pendidikan 0 Comment 1

KAB. BEKASI, Gemantara News

Dalam rangka memperkenalkan peserta didik baru terhadap lingkungan sekolah, SMP Negeri 1 Tambun Selatan mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama 6 hari, Senin sampai Sabtu, 18-23 Juli 2022 yang diikuti oleh seluruh peserta didik baru. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “SMP Negeri 1 Tambun Selatan Berkarakter dan Berprestasi”.

Hj Annisa SPd, MPd selaku Kepala SMP Negeri 1 Tambun Selatan menuturkan kegiatan MPLS adalah masa pengenalan siswa baru dalam rangka memperkenalkan lingkungan baru SMPN 1 Tambun Selatan untuk peserta PPDB Tahun pelajaran 2022/ 2023.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi orientasi baru, anak- anak ini dari SD, ini kemudian masuk SMP akan ada banyak yang berbeda. Apa yang berbeda? diantaranya kurikulumnya, mungkin cara belajarnya, cara mengenali gurunya, kemudian pengenalan kegiatan- kegiatan ekstrakurikuler, termasuk nanti perubahan status mereka dari siswa SD yang notabene Pramukanya dari siaga , masuk ke usia Penggalang,” tutur Annisa pada awak media

Annisa menjelaskan lebih lanjut terkait kegiatan MPLS di SMPN 1 TAMSEL dimana Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diadakan di SMPN 1 Tambun Selatan, dilaksanakan dengan format tiga hari pertama adalah pengenalan tentang kegiatan- kegiatan di sekolah, kemudian pada hari Kamis pengenalan kelas.

“Nanti hari Kamis anak- anak dibagi menjadi kelompok- kelompok kelas, kemudian dikenalkanlah, nanti kalau belajar di SMP seperti ini, ada wali kelasnya, ada guru mata pelajaran yang berbeda, satu jamnya terdiri dari 40 menit, 1 minggunya terdiri dari 41 jam, itu diperkenalkan pada hari Kamis, jadi masih dalam rangkaian MPLS,” lanjut Annisa.

Dengan diadakan MPLS bagi siswa- siswi yang baru diterima SMPN 1 Tambun Selatan Annisa berharap agar siswa siswi cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru, teman- teman yang baru, sekolah yang baru, yang pastinya juga dengan guru – guru yang baru juga.

“Harapan saya anak- anak ini paham cara belajar di SMP kemudian mereka mengenali lingkunganya, mereka bisa bergaul secara akrab dengan kakak- kakak kelas nya, di harapkan mereka juga mampu mengimplementasikan sebagai Pramuka yang akan masuk usia Penggalang,” harapnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa SMPN 1 Tambun Selatan adalah salah satu sekolah yang berhasil lolos pada seleksi sekolah penggerak, kepala sekolahnya, sehingga karena kepala sekolahnya lolos menjadi kepala sekolah penggerak maka program berikutnya adalah dengan
“Melaksanakan kurikulum Merdeka di SMPN1 Tambun Selatan dimana kami melaksanakan pembelajaran intra 31 jam ditambah dengan P5 yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, P5 ini adalah sesuatu yang baru dari kurikulum Merdeka,” jelasnya.

Adapun jumlah siswa siswi baru yang diterima di SMPN 1 Tambun Selatan sebanyak 11 Rombel, 1 Rombelnya 40 siswa jadi jumlahnya 440.

“Saya beserta rekan – rekan guru yang ada bersemangat sekali di MPLS ini, juga ada anak- anak kelas 8 dan kelas 9 yang penuh ide kreatif. Seperti bagaimana anak- anak PMR menampilkan ekstrakurikuler PMR nya, kemudian anak- anak Paskibra menampilkan bagaimana kegiatan Paskibra, mudah- mudahan akan menambah semangat belajar para anak – anak peserta didik baru. tutup Annisa.

Terpisah, Giyatna selaku Humas SMPN 1 Tambun Selatan di katakan nya, pada kepemimpinan Annisa selaku Kepala SMPN 1 Tambun Selatan tepat dan bijak.”Sangatlah tepat Bapak Carwinda selaku kepala dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi menempatkan ibu Hj Annisa SPd, MPd di SMPN 1 Tambun Selatan. beliau cerdas, bijak dan cekatan dalam memimpin, ujar nya

Ditambahkan Giyatna, Annisa juga adalah bukan sosok yang akrab dengan rekan – rekan guru saja, tetapi beliau akrab & dekat dengan seluruh siswa SMPN 1 Tamsel. ungkapnya. (sum)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top