Mengenal Suku Korowai di Selatan Papua

Mengenal Suku Korowai di Selatan Papua

Seni dan Budaya 0 Comment 25

PAPUA, Gemantara News

Korowai adalah suku yang baru ditemukan keberadaannya sekitar 35 tahun lalu di pedalaman Papua. Berpopulasi sekitar 3000 orang. Suku terasing ini hidup di rumah pohon yang disebut Rumah Tinggi. Beberapa rumah bahkan bisa mencapai ketinggian 50 meter dari permukaan tanah. Suku Korowai adalah salah satu di daratan Papua yang tidak menggunakan koteka.

Para peneliti menganggap masyarakat Korowai cukup cerdas karena mampu membangun konsep perkampungan pada wilayah yang sebenarnya sulit untuk ditinggali. Di antara sejumlah peneliti dan antropologi, mungkin yang paling fenomenal adalah kunjungan jurnalis bernama Paul Raffaele. Dia memang hanya menetap selama empat hari. Namun Raffaele menjabarkan perjalanan empat harinya di bulan Mei 2006 dengan sangat jelas.

Dalam situs smithsonianmag.com, Raffaele menjelaskan, meski masyarakat Suku Korowai memiliki kebiasaan memakan daging manusia (kanibal), hal itu ternyata tidak dilakukannya setiap saat. “Mereka juga memakan daging hewan yang biasa diburu seperti burung kasuari, ular, kadal, rusa, atau babi hutan. Mereka juga memenuhi nutrisinya dengan makan larva kumbang,” kata Raffaele.( Red )

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top