MENGENAL GAHARU DAN MANFAATNYA UNTUK KEHIDUPAN PARA PETANI, SERTA KENDALA PEMASARAN GAHARU DI LAMPUNG TIMUR

MENGENAL GAHARU DAN MANFAATNYA UNTUK KEHIDUPAN PARA PETANI, SERTA KENDALA PEMASARAN GAHARU DI LAMPUNG TIMUR

Ekonomi 0 Comment 20

LAMPUNG TIMUR, Gemantara News

Gaharu merupakan tanaman tropis yang memiliki banyak manfaat terutama pada bagian getah membeku dari batang yang biasanya di sebut dengan Gubal.
Komposisi kimia dalam gubal gaharu memberikan manfaat tersendiri antara lain, sebagai parfum, obat batuk, anti bakteri, anti jamur dan insektisida.

Pemerintah Indonesia telah memulai mengekspor kayu gaharu yang bernilai tinggi sejak tahun1990 kenegara Arab Saudi, Taiwan, Singapura, Hongkong, Amerika, Eropa, dan sejak tahun 2011 sudah mengekspor gubal tersebut sampai kedaratan negeri Cina.

Dari penelusuran jurnalis Gemantara News di lapangan saat menemui petani gaharu, Sanyoto dan Sarono Rabu (15/09/2021) didesa Taman Endah Kecamatan Purbolinggo, mereka mengatakan, pengepul hasil kulit gaharu ini adalah hasil budidaya gaharu masyarakat diperkebunan milik sendiri, baik petani maupun pengepul kulit kayu gaharu masih banyak kendala untuk memasarkan hasil panen keluar wilayah Lampung Timur. Semua itu disebabkan tidak terkordinasi sistem pemasaran dari petani, ujar Sanyoto dan Sarono.

Kami petani dan pengepul kulit kayu gaharu, sangat berharap uluran tangan pemerintah, guna membantu kami untuk pemasaran hasil panen kulit gaharu dengan harga yang sesuai, sehingga kami bisa lebih giat lagi untuk membudi dayakan gaharu diperkebunuan milik kami sendiri. imbuh Sanyoto dan Sarono.

Masih ditempat yang sama Sanyoto dan Sarono berharap para petani gaharu sangat perlu pembinaan dari pemerintah yang serius, bagaimana caranya menyalurkan hasil panen kulit kayu gaharu ini, sehingga menambah potensi ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat kabupaten Lampung Timur, tutup Sanyoto dan Sarono.
(fk.nainggolan/Ipung.A)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top