KRI Sultan Iskandar Muda-367 Unjuk Kemampuan dan Profesionalisme di Depan MTF Commander UNIFIL

KRI Sultan Iskandar Muda-367 Unjuk Kemampuan dan Profesionalisme di Depan MTF Commander UNIFIL

TNI / Polri 0 Comment 13

JAKARTA, Gemantara News

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-M/UNIFIL unjuk kemampuan dan profesionalisme dihadapan MTF Commander UNIFIL Rear Admiral Andreas Markus Mugge yang saat itu turut serta menyaksikan jalannya latihan bersama seluruh kapal perang yang tergabung dalam Satgas MTF UNIFIL di laut Mediterania, Lebanon (20/10/2021).

Dalam latihan bersama yang diikuti oleh Kapal Perang Bangladesh, Kapal Perang Jerman, dan Kapal Perang Yunani, KRI SIM-367 yang dikomandani Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S., melaksanakan beberapa jenis latihan di antaranya Seamanex (Sea Maneuvering Exercise), Photoex (Photo Exercise) dan Flashex (Flash Exercise).

Dalam keterangannya, Dansatgas MTF UNIFIL Letkol Laut (P) Abdul Haris, S.E., M.M.D.S., menjelaskan bahwa dua jenis latihan yakni Seamanex dan Photoex dilaksanakan pada siang hari sedangkan Flashex dilaksanakan pada malam hari.

Menurutnya, Seamanex bertujuan untuk menguji kemampuan dan profesionalisme kapal-kapal dalam bermanuver dan menempati posisi dalam formasi yang berbeda dengan cepat dan tepat. Selain itu, dilaksanakan pula Photoex atau latihan foto udara yang dilakukan Helikopter AS 565 MBE PANTHER, Alutsista milik KRI SIM-367. Latihan ini bertujuan melatih awak heli Panther dalam mengambil gambar baik situasi perairan maupun kapal musuh untuk selanjutnya dikirim untuk identifikasi.

“Selain dua latihan di atas, malam harinya kita laksanakan pula Flashex, yakni latihan mengirimkan berita sandi operasi menggunakan lampu isyarat. Latihan ini bertujuan untuk mengirimkan pesan rahasia tanpa dapat dibaca oleh musuh,” jelas Dansatgas.( puspen tni )

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top