Jokowi yang Tiba-tiba Minta Lockdown

Jokowi yang Tiba-tiba Minta Lockdown

Pemerintahan 0 Comment 1

JAKARTA, Gemantara News

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tiba-tiba meminta jajarannya untuk mewaspadai penyakit kuku dan mulut (PKM) menular yang dikhawatirkan bisa menular ke hewan ternak lainnya.
Peringatan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, seperti dikutip Rabu (11/5/2022).

Mulanya, Jokowi meminta jajarannya untuk mewaspadai musim kemarau yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan. Jokowi tak ingin semua pihak lengah, lantaran musim kemarau dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

Jokowi kemudian menyoroti heboh sebaran PKM. Menurutnya, jajaran menteri harus melakukan langkah antisipasi agar penyakit tersebut tidak semakin menyebar dengan menerapkan karantina terpusat alias lockdown.

Hati-hati mengenai musim kemarau. Hati-hati mengenai kebakaran hutan dan lahan. Dan juga hati-hati, kemarin kita sudah berbicara dengan menteri-menteri, mengenai penyakit kuku dan mulut. Saya minta ini Menteri Pertanian, segera dilakukan lockdown zonasi, lockdown di wilayah, sehingga mutasi ternak dari satu tempat ke tempat yang lain atau pergerakan ternak dari kabupaten ke kabupaten, apalagi provinsi ke provinsi betul-betul bisa dicegah. Dan ini selain tadi Kementerian Pertanian, saya juga minta Kapolri betul-betul menjaga ini di lapangan mengenai pergerakan ternak dari daerah-daerah yang sudah dinyatakan ada penyakit mulut dan kuku. Bentuk satgas, sehingga jelas siapa yang nanti bertanggung jawab,” ungkap jokowi. ( cnbc/red )

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top