GENERASI MUDA KUNCI, PERTANIAN-PETERNAKAN ADALAH SOLUSI KETAHANAN PANGAN

GENERASI MUDA KUNCI, PERTANIAN-PETERNAKAN ADALAH SOLUSI KETAHANAN PANGAN

Ekonomi 0 Comment 22

DAIRI, Gemantara News

Kabupaten Dairi merupakan daerah yang memiliki potensi utamanya adalah dari hasil pertanian. Banyaknya lahan yang masih belum maksimal dalam pengelolaannya menjadikan potensi dari Kabupaten Dairi tersebut menjadi kurang maksimal. Kondisi tanah yang sangat mendukung untuk peningkatan taraf hidup rakyat sebenarnya sebuah peluang untuk dijadikan sebagai sebuah profesi yang sangat menjanjikan. Hampir semua jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik di Kabupaten Dairi.

Hanya saja kondisi lahan yang sangat menguntungkan tersebut tidak didukung dengan cara budidaya yang baik dan berkelanjutan. Profesi petani yang masih didominasi oleh orangtua yang sudah tidak memiliki umur produktif lagi untuk belajar dan membuat sebuah inovasi, sehingga hasil yang diperoleh terkadang tidak benar-benar menguntungkan. Dan lagi sering sekali profesi petani dianggap sebelah mata oleh masyarakat sekitar, sehingga tida ada regenerasi dalam pengelolahan lahan. Banyaknya lahan yang terjual kepada masyarakat kota hanya karena tidak adanya sumber daya manusia menjadikan masyarakat dipedesaan tidak memiliki lahan lagi sehingga perekonomian terganggu. Masyarakat pedesaan menjadi buruh dilahannya untuk menyambung kehidupan sehari-hari. Sementara kaum muda dari petani desa sudah banyak menjadi buruh dikota-kota lain atau bahkan mereka berlomba-lomba menjadi tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

Yayasan PETRASA di Kabupaten Dairi menyelenggarakan pelatihan “PEMUDA-PEMUDI INVESTASI KEDAULATAN PANGAN” yang bertujuan untuk membangun semangat dan gairah dalam mempertahankan pertanian-peternakan itu menjadi bagian pilihan pengembangan ekonomi yang tepat dan berdaya saing khususnya dibagian peternakan ayam kampung, (Rabu-Kamis, 13-14/04/2022).

Kepala Divisi Pertanian dan Peternakan, Gloria Sinaga mengatakan kaum muda merupakan asset dan potensi yang dapat dikembangkan untuk menjaga alam dan peduli akan lingkungan hidup melalui program pertanian organik.

“Anak muda adalah kunci, pertanian-peternakan adalah solusi ketahanan pangan, dan peduli lingkungan melalui pertanian organik”, ujar Gloria Sinaga.

“Yayasan PETRASA adalah sebuah lembaga NGO (Non Government Oraganization) di Kabupaten Dairi, concern dibidang Pertanian Organik dan peduli lingkungan hidup”. tambah Glory Sinaga.

Kegiatan dilaksanakan di bagas pangula, dan praktek bahan racikan di lapangan Yayasan PETRASA.
(Lenan)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top