DISHUB KAB TASIKMALAYA BERSIH DAN HUMANIS

DISHUB KAB TASIKMALAYA BERSIH DAN HUMANIS

Pemerintahan Daerah 0 Comment 1

KAB. TASIKMALAYA, Gemantara News

Uji kir adalah serangkaian kegiatan menguji dan/atau memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan khusus dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan layak jalan.

Demi kenyamanan dan keselamatan moda transportasi, perlu adanya pemeriksaan kendaraan bermotor (Uji Kir) agar kelaikan jalan terhadap kendaraan tersebut tetap terjaga.

Hari ini pada tanggal 01/08/2022 tim awak media Gemantara News berkunjung ke Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Jalan Raya Timur, Cintaraja, Singaparna, untuk melakukan serangkaian kegiatan kontrol sosial yang telah di tugaskan dari Pimpinan Redaksi Gemantara News.

Pada kesempatan ini tim awak media Gemantara News didampingi oleh Bapak Iwan Selaku Ka UPT dan ditemani oleh Bpk Bayu selaku Penguji Senior di Dinas Perhubungan Kab. Tasikmalaya.

Dari hasil pantauan awak media Gemantara News, sistem pelayanan pendaftaran wajib uji masih menggunakan sistem offline dimana para wajib uji mendaftarkan kendaraannya langsung ke loket pendaftaran, terlihat oleh awak media seorang petugas selalu memberikan senyuman kepada wajib uji. Sebagai layanan yang ramah dan humanis.

Tim menanyakan bagaimana dengan sistem pembayaran, “Sistem pembayaran retribusi dilayanin langsung oleh pihak Bank Jawa Barat (BJB) Pak” Petugas dari Dishub tidak menerima uang” ucap Bapak Iwan.

Dari sistem pendaftaran dan pembayaran tim awak media bergeser ke pelayanan teknis yang ada di lajur uji dan memeriksa keabsahan alat apakah sudah dilakukan Tera/Kalibrasi terhadap peralatan yang digunakan. Dan Sticker Lulus uji ditemui disetiap peralatan yang digunakan, kami sangat mengapresiasi atas alat yg bapak gunakan telah terkalibrasi, ujar tim awak media.

Sistem pengiriman data hasil uji masih manual, dimana hasil yang dikeluarkan oleh alat uji di catat dan dikirim melalui perangkat digital (Tab) ke sistem manajemen pengujian kendaraan bermotor (SIM-PKB).

Satu persatu alat dioperasikan dan berfungsi dengan baik, hanya beberapa alat uji seperti alat ukur tingkat tembus cahaya pada kaca terlihat sudah lawas dan perlu pergantian baru.

Tim awak media melihat fasilitas di gedung pengujian sangat baik, rapi dan terlihat bersih, “Dari beberapa dinas yang tim awak media kunjungi, gedung pengujian Kab. Tasikmalaya lebih baik Pa Iwan”, ucap awak media, “Terima kasih Pa, kami menjalankan sesuai tupoksi yang di berikan oleh Pimpinan” ujar Pa Iwan selaku Ka UPT Dinas Perhubungan Kab. Tasikmalaya.

Bapak Iwan berharap sistem Drive Thru bisa terlaksana di pengujian Kab. Tasikmalaya namun masih terkendala dengan lahan yang ada. Harapannya ada perhatian dari Bapak Bupati untuk ruang yang lebih luas agar sistem Drive Thru dapat terlaksana, semua semata-mata pelayanan maksimal kepada masyarakat untuk menghemat waktu pelayanan. tutupnya (red)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top