DISHUB KAB. SUKABUMI DIDUGA MELALAIKAN ATURAN PERMENT PERHUBUNGAN NOMOR 133 TAHUN 2015

DISHUB KAB. SUKABUMI DIDUGA MELALAIKAN ATURAN PERMENT PERHUBUNGAN NOMOR 133 TAHUN 2015

Pemerintahan Daerah 0 Comment 1

KAB. SUKABUMI, Gemantara News

Sehubungan dengan maraknya kecelakaan yang terjadi beberapa minggu ini di tanah air, mengundang Gemantara Ekbang Sukabumi untuk melakukan kontrol sosial sesuai dengan Undang-Undang Nomor Pers nomor 40 Tahun 1999 Pasal 3 Ayat 1 lebih ditingkatkan lagi khususnya pada pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kab. Sukabumi tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Cikembar, Sukamulya, Kab. Sukabumi

Tim jurnalis Gemantaranews menyambangi kantor Dinas Perhubungan setempat untuk bertemu dengan Kepala Dinas, namun Kepala Dinas sedang berada diluar kantor mengikuti kegiatan diluar ucap Bapak Uu Firdaus selaku Sekretaris Dinas Perhubungan Kab Sukabumi.

Dalam pertemuan tersebut Jurnalis Gemantara meminta kepada Sekretaris Dinas Bpk. Uu Firdaus untuk mendampingi melakukan kontrol sosial dari mulai pendaftaran, pengujian dan keluarnya kelaikan jalan terhadap kendaraan wajib uji yang dilakukan. Beliau menyarankan kepada Kasie Ibu Hervi untuk mendampingi.

Dari hasil kontrol sosial yang dilakukan oleh Jurnalis Gementara terdapat sistem pendaftaran yang sudah menggunakan aplikasi digital yang dapat di gunakan oleh para wwajib uji (pemilik kendaraan), namun ketika awak media melihat sistem tersebut terdapat kendala saat ingin melakukan pendaftaran dikarenakan sistem yang sudah dibuat tidak dapat diakses “dikarenakan tidak adanya anggaran untuk membayar server,” ucap Ibu Kasie Hervi kepada awak media Gemantara.

Sehingga Para pemilik kendaraan mendaftarkan secara offline dengan cara datang langsung ke Gedung Pengujian untuk melakukan pendaftara.
Lalu tim menelusuri ke sistem pembayaran, sistem pembayaran dilakukan langsung kepada pihak Bank Jawa Barat (BJB) sedangkan dinas perhubungan tidak ada menerima uang untuk pendaftaran tersebut ujar Ibu Hervi selaku Kasie Pengujian.

Tim berpindah ke pelaksanaan teknis pengujian, mulai dari Emisi Gas Buang, Speedometer, Rem, Kincup Roda, Uji Lampu dan pemeriksaan komponen bawah kendaraan, namun awak media mendapatkan temuan yang tidak dilakukan oleh penguji (pelaksana dilapangan) yaitu Pengujian Suara Klakson (Kebisingan) dan kegelapan Kaca Film, dimana kedua pengujian ini seharusnya juga dilakukan.

Pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan jalan, PP Nomor 44 tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi, Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 71 tahun 1993 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor dan PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR PM 133 TAHUN 2015 Pada BAB V FASILITAS DAN PERALATAN PENGUJIAN BERKALA Bagian kedua pada Pasal 16 Ayat 2 bahwa Pemeriksaan Kebisingan Suara Kelakson dan atau knalpot serta alat uji dalam tembus cahaya pada kaca adalah peralatan uji utama yang harus dipenuhi oleh pengujian tersebut, namun pihak awak media Gemantara tidak melihat petugas dinas perhubungan melakukannya, dan ini amat disayangkan karena ini suatu persyaratan mutlak yang wajib dilakukan oleh Petugas Pengujian tersebut.

Seperti kita ketahui pada kendaran Angkutan Umum seharusnya Kaca Film yang terlalu Pekat tidak diperbolehkan mengingat akan menjadi peluang untuk melakukan tindak kejahatan didalamnya yang tidak dapat dilihat dari luar dan ini akan memberi peluang kepada para pelaku kejahatan kepada penumpang yang menggunakan jasa transportasi umum jika Kaca Film yang pekat tersebut tidak dilepas.

Dan kami juga menemukan kejanggalan pada pengiriman data uji yang dilakukan, data hasil uji yang dikeluarkan oleh alat ukur tidak terintegrasi ke sistem yang digunakan oleh Dinas Perhubungan, sehingga kami menduga memungkinkan untuk berbuat kecurangan dan terindikasi dapat bermain mata dengan wajib uji (pemilik kendaraan).

Dan kami mengkonfirmasikan ini ke Dinas Perhubungan dan mereka tidak menampik hasil temuan ini, memang hasil nya di input Pa tidak terkirim langsung ke sistem Ujar salah seorang Petugas Penguji dilapangan.

Setelah melakukan kontrol sosial di Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi Unit Pengujian Kendaraan Bermotor, tim awak media Gemantaranews melakukan kontrol sosial ke lokasi lain sesuai dengan jadwal yang telah di agendakan. (Biro Sukabumi)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top