CEGAH KEJAHATAN DAN KRIMINALISASI, POLRES BERSAMA TNI DAN PEMKAB PURWAKARTA GELAR PATROLI SKALA BESAR

CEGAH KEJAHATAN DAN KRIMINALISASI, POLRES BERSAMA TNI DAN PEMKAB PURWAKARTA GELAR PATROLI SKALA BESAR

TNI / Polri 0 Comment 1

PURWAKARTA, Gemantara News

Cegah kejahatan dan aksi kriminalitas di Kabupaten Purwakarta, Polres Purwakarta bersama TNI dan Pemkab Purwakarta menggelar patroli skala besar, pada Sabtu 23 Juli 2022 hingga Minggu, 24 Juli 2022.

Patroli gabung tersebut dipimpin langsung Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain dan Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, patroli skala besar guna menciptakan situasi yang kondusif dan juga pencegahan aksi kriminalitas jalanan.

“Patroli skala besar ini sebagai langkah antisipatif sebagai upaya pencegahan secara dini terjadinya aksi kriminalitas maupun kejahatan jalanan lainnya, agar masyarakat dalam melaksanakan aktivitas merasa aman dan nyaman,” terang pria yang akrab disapa Edwar itu, pada Minggu, 24 Juli 2022, dini hari.

Dikatakannya, personel Polres Purwakarta dan TNI serta instansi lainnya memprioritaskan tempat yang menjadi titik kumpul masyarakat maupun wilayah yang rawan terjadinya aksi kriminalitas.

“Patroli gabungan ini merupakan wujud sinergi kita, yakni TNI, Polri dan Pemerintah Daerah untuk menjaga kamtibmas di Purwakarta agar tetap aman, damai serta kondusif,” ucap Edwar.

Dalam patroli gabung ini, kata dia, lebih mengedepankan tindakan persuasif, preventif dan humanis guna mencegah terjadinya tindak pidana.

“Jadi kita mendatangi kerumunan masa, kelompok-kelompok motor yang tadi berkumpul di pinggir jalan kita imbau untuk segera membubarkan diri karena sudah larut malam,” ucapnya.

Edwar menambahkan, setiap sisi ditubuh para pemuda itu di periksa petugas, tak tertinggal kendaraan mereka di periksa beserta surat kendaraannnya. Namun petugas tidak menemukan hal yang mencurigakan termasuk miras.

“Kemudian juga kita mendatangi cafe-cafe yang diduga menjual minuman keras (miras) kita himbau untuk tidak menjual minuman keras,” tutur.

Edwar menyebut pada saat lakukan penggeledahan di cafe, petugas gabungan menemukan botol-botol bekas miras dengan jumlah yang cukup banyak.

“Kami juga memeriksa cafe. Tadi ada satu cafe yang kami panggil untuk dilakukan pemeriksaan terkait dengan adanya temuan botol miras bekas. Botol kosong bekas miras tersebut kami sita sebagai barang bukti. Kegiatan ini rutin kami laksanakan sebagai langkah meningkatkan keamanan bagi masyarakat Purwakarta,” Sebutnya.

Kapolres mengungkapkan selain di tingkat kabupaten, langkah patroli bersama di tingkat kecamatan juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi dan mendeteksi kejahatan dan gesekan warga di kampung-kampung.

“Tidak hanya di wilayah Polres Purwakarta dan sekitarnya, kepada Polsek jajaran juga untuk melaksanakan patroli skala besar untuk memastikan situasi yang aman, nyaman dan kondusif di wilahnya masing-masing,” Tutur AKBP Edwar Zulkarnain. (Robin)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top