CABDISDIK ACEH UTARA GELAR PELATIHAN CARA ANALISIS RAPOR PENDIDIKAN SMA

CABDISDIK ACEH UTARA GELAR PELATIHAN CARA ANALISIS RAPOR PENDIDIKAN SMA

Pendidikan 0 Comment 1

ACEH UTARA, Gemantara News

Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Wilayah Kabupaten Aceh Utara mengadakan kegiatan pelatihan analis Rapor Pendidikan SMA tahun 2022. Kegiatan dipusatkan di Aula SMAN 3 Putra Bangsa mulai Rabu (28/9/2022) hingga 4 hari ke depan, diikuti oleh 20 orang peserta perwakilan SMA.

Yang bertindak sebagai Pemateri Utama bu Tabligh Diniati, M.Pd, dari SMAN 3 Putra Bangsa. Pemateri yang akrab di sapa bu Dini, telah mengikuti pelatian yang sama di Banda Aceh dari tanggal 5 sampai dengan dengan 8 September 2022, yang dibuat oleh Disdik Aceh dengan Narasumber Drs. Muhammad Toha dan Jhon Abdi, M.Pd. Sesuai RTL kegiatan ini harus segera ditularkan ke semua SMA yang ada di Aceh Utara.

Kacabdin Aceh Utara Drs Ahmad Yamani, M.Pd yang diwakili oleh Kasi Peningkatan Mutu GTK Faizun, S.IP, ketika pembukaan pelatihan menyampaikan bahwa : pelatihan ini sangat penting dan urgen, mengingat belum semua sekolah paham tatacara menganalis rapor pendidikan. Selama ini mengacu pada rapor mutu, dengan perubahan ini membuat perencanaan sekolah berubah.

“Ke depan semua perencanaan di sekolah harus mengacu pada hasil rapor pendidikan atau disebut perencanaan berbasis data (PBD). Bila sebuah sekolah ingin menyusus ARKAS tahun 2023, maka analisislah rapor pendidikan tahun 2022.”

Kegiatan bermula dengan menganalisis setiap indikator bermasalah dengan pilihan prioritas, lalu repleksikan akar masalah, kemudian tentukan kegiatan untuk membenahi, baru anggarkan kegiatan dalam RKAS, Ujarnya.

Sementara Jalaluddin, M.Pd, Kepala SMAN 1 Syamtalira Bayu kepada awak media Gemantara News menyatakan sengaja hadir untuk mendapatkan sekilas informasi penting terkait rapor pendidikan, beliau sangat respek terhadap setiap perubahan yang harus segera disikapi dan dicari tahu.

Terima kasih atas respon cepat Cabang Dinas yang segera memanggil perwakilan sekolah mengikuti pelatihan ini. Dengan demikan info – info terkini dapat tersosialisasi segera, sehingga sekolah bisa beradaptasi dengannya, tutup Jalaluddin. (Zulkifli)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top