Asops Panglima TNI Hadiri Pertemuan Ke-3 Philindo JOESC Secara Virtual

Asops Panglima TNI Hadiri Pertemuan Ke-3 Philindo JOESC Secara Virtual

TNI / Polri 0 Comment 4

JAKARTA, Gemantara News

Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr (Han)., menghadiri Pertemuan Ke-3 The Philippines – Indonesia Joint Operations And Exercises Sub-Committee (Philindo JOESC) secara virtual, bertempat di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan Jakarta, (27/10/2021).

Philindo JOESC merupakan sub komite yang mengatur kerja sama militer antara kedua Angkatan Bersenjata dalam bidang operasi dan Latihan di bawah Philippines Indonesia Millitary Cooperation (Philindo MC).

Sedangkan Philindo MC itu sendiri merupakan suatu wadah kerjasama militer antara TNI dan Angkatan Bersenjata Filipina yang dibentuk pada tahun 2014 yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan stabilitas keamanan di dalam negeri dan di kawasan. Kerjasama ini dipimpin oleh Panglima Angkatan Bersenjata Kedua Negara dan bertindak pula sebagai Ketua Bersama Military Cooperation.

Pada pertemuan Philindo JOESC kali ini, delegasi dari Filipina dipimpin oleh Major General Edgardo De Y Leon PA, Deputy Chief of Staff for Operations, J3 Armed Forces of the Philippines.

Dalam pertemuan virtual tersebut, kedua delegasi membahas evaluasi kegiatan bidang operasi dan latihan yang telah dilaksanakan antara TNI dan Angkatan Bersenjata Filipina pada periode tahun 2020/2021 dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan periode tahun 2022 s.d. 2023.

Selain itu, kedua Ketua Delegasi juga menyambut baik usulan penambahan materi kerja sama militer. Kedua Ketua Philindo JOESC berharap kerja sama militer antara TNI dan Angkatan Bersenjata Filipina di bidang operasi dan latihan yang telah berlangsung lama dapat semakin ditingkatkan dan membawa manfaat yang baik di kawasan.

Di akhir pertemuan, kedua ketua delegasi saling memberikan plakat serta cinderamata sebagai ungkapan rasa persahabatan yang telah terjalin dengan harmonis selama ini secara simbolis kepada Athan masing-masing negara.( puspen tni )

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top