ASHRAF FARM MITRA GEMANTARA SUMEDANG KAMI BANGGA JADI PETANI

ASHRAF FARM MITRA GEMANTARA SUMEDANG KAMI BANGGA JADI PETANI

Ekonomi 0 Comment 9

SUMEDANG, Gemantara News

Kelompok tani merupakan wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan , keterampilan dan sikap (PKS) serta tumbuh dan berkembangnya kemandirian dalam berusaha tani sehingga produktivitasnya meningkat, pendapatannya bertambah serta kehidupannya yang lebih sejahtera

Seperti yang dilakukan Kelompok tani tepatnya berada di Kecamatan Congeang Kabupaten Sumedang
Ketika Gemantara News minggu (20/6/2021) mewawancarai salah satu petani muda “Ashraf Farm” sekaligus pembina kelompok tersebut, yaitu Bapak Adis, SP. Dan beliau juga guru SMKN di Sumedang.

Beliau menceritakan sebelum terbentuknya Kelompok Tani Ashraf Farm kegiatan pertanian sebatas usaha pribadi, akan tetapi seiring waktu dan melihat kondisi masyarakat pada umumnya dan anak-anak lulusan SMA/SMK yang belum menentu mendapatkan pekerjaan atau wirausaha dikarenakan kondisi pandemik pada waktu itu.

Melihat kondisi tersebut maka saya terpanggil untuk mengalihkan usaha tani pribadinya menjadi usaha kelompok, semenjak itu beliau mulai mengawali mengajak anak-anak didiknya baru lulus untuk yang siap bergabung melakukan usaha tani dengannya

Perjalanan waktu usia kelompok tani tersebut sekitar satu tahun lebih sudah terekrut 9 orang lulusan SMK untuk dibina dalam usaha tani, alhamdulillah. Ucap Bapak Adis.
Dalam pengelolaan usaha tani ini mulai dari persiapan, pengelolaan dan hasil usaha tani dibagi rata.

“Sekarang saya merasa bangga karena bisa mengajak, mengarahkan anak-anak yang baru lulus bisa mandiri untuk usaha tani dan tidak kalah oleh keadaan seperti sekarang ini yaitu Pandemik Covid-19

Walaupun penghasilan saya secara angka kecil (sedikit) karena harus dibagi rata tetapi kenyataannya tidak demikian justru dengan dibagi rata malah usaha tani Ashraf Farm dari musim ke musim mengalami peningkatan” ujarnua.

Kepada awak media Pak Adis mengungkapkan harapannya Semoga Ashraf Farm jadi Prototipe bagi kelompok tani lainnya dan lebih jauh lagi Ashraf Farm bisa bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya.
(Dev)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top