AKREDITAS A, UJI KIR DINAS PERHUBUNGAN KAB MAJALENGKA

AKREDITAS A, UJI KIR DINAS PERHUBUNGAN KAB MAJALENGKA

Pemerintahan Daerah 0 Comment 1

MAJALENGKA, Gemantara News

Tanggal 02/08/2022, awak media Gemantara News berkunjung ke Dinas Perhubungan Kabupaten Majalengka untuk melakukan kegiatan rangkaian kontrol sosial sesuai dengan UU PERS Nomo 40 Tahun 1999 Pasal 3 ayat 1.

Seperti biasanya tim awak media selalu bersilaturahmi terlebih dahulu kepada pejabat yang berwenang untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan tim Gemantara News.

Dalam pelaksanaan ini tim awak media didampingin Bapak Jaja Suharja selaku Kasi pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kab. Majalengka.

“Alhamdulillah Pak, Dishub Kabupaten Majalengka telah mendapatkan AKREDITASI A, dimana rangkaian pengujian mulai dari
Pendaftaran sampai pelayanan teknis kelaikan pengujian kita sudah menggunakan sistem Aplikasi berbasis digital” ucap Pa Kasi.

“Pendaftaran kami melalui aplikasi online, dimana masyarakat wajib uji mendaftarkan kendaraannya bisa dari ponsel mereka, tidak harus melakukan antrian panjang, pembayaran juga sistem transfer ke Bank BJB atau Bank lain melalui QR CODE”, tambahnya.

Jaja Suharja memperlihatkan Sertifikat Akreditasi A kepada awak media, kami melihat Akreditasi berlaku selama 5 tahun dengan catatan seluruh rangkaian yang menjadi penilaian digunakan dan berjalan dengan baik.

Dinas Perhubungan Kabupaten Majalengka telah mendapatkan Akreditasi A dan berlaku sejak 19 Agustus 2021 sampai 19 Agustus 2026.

Sistem Drive-Thru (layanan tanpa turun) adalah layanan yang dilakukan oleh Dishub Kab. Majalengka sehingga pemilik kendaraan (wajib uji) tidak perlu meninggalkan kendaraannya dan dapat memangkas waktu pelayanan, menjadi prioritas bagi kami, ucap Jaja Suharja kepada awak media.

Sistem Smart Card (Kartu Pintar) menjadi andalan Dinas Perhubungan saat ini, dimana Buku Uji tidak digunakan untuk menghindari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti masa lalu.

Tim awak media didampingi oleh Bapak Jaja Suharja untuk melihat ketersediaan dan fungsi alat uji di gedung uji kir, alat uji berfungsi dengan baik dan memiliki teknologi dan mumpuni serta kebersihan lajur uji terjaga, kami sangat mengapresiasi yang dishub lakukan.

“Kami menggunakan alat uji Merk Cosber Pa, alat ini sudah lama kami gunakan dan Alhamdulillah berfungsi semua, dan yang terpenting bagi kami adalah pelayanan dari Distributornya cepat tanggap untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan setiap tahunnya” Ujar Pa Jaja Suharja selaku penanggung jawab di pengujian.

Tim awak media juga diperlihatkan Taman Lalulintas yang ada di depan pelataran Kantor Dinas Perhubungan untuk edukasi bagi sekolah-sekolah yang ingin menimbang ilmu tentang lalulintas.

Disisi lain, Jaja Suharja juga memperlihatkan kepada awak media kegiatan positif lainnya, seperti memanfaatkan lahan tidur untuk bercocok tanam.

“Ini Pa lahannya, kita masing-masing bidang diberikan lahan tidur untuk berkreatif dan hasilnya kembali ke kita ada Tanaman Kacang Tanah, Terong, daun Singkong dan Pohon Pisang” ucapnya, terlihat ada buah Pisang yang sudah siap Panen.

Sambil mengelilingi gedung pengujian, tim awak media berbincang ringan sambil menuju ke kantor dinas, Bapak Jaja Suharja berkeinginan. “Saya ingin memilki 1 Lajur pengujian lagi Pa (2 lajur), kalau kita punya 2 lajur, paling tidak bisa bergantian sehingga ada jeda waktu perawatan yang tidak mengganggu pelayanan kepada masyarakat, Ucapnya.

“Pelayanan kami pernah berhenti semantara Pak, waktu itu alat uji ada yg rusak, namanya juga barang dipakai dan sudah lawas pasti kendala itu suka datang tiba-tiba. Kami tidak mau ambil resiko karena alat uji kami rusak. Dan kami langsung menghubungi teknisi dan mereka melakukan perbaikan”, Umpatnya waktu itu.

“Nah kalau kita punya 2 lajur uji, kita bisa mengalihkan ke lajur sebelah dan pelayanan tidak terganggu, kasihan masyarakat yang sudah jauh-jauh datang tapi tidak dapat dilayani”, imbuhnya.

“Makannya Pa, saya berharap tambahan lajur uji ini bisa terealisasi dan Akreditasi A ini bisa kami pertahankan dengan meningkatkan dan menjadikan pelayanan perioritas kepada masyarakat” ucapnya penuh berharap.

“Kita sudah beberapa kali mengajukan, tapi keterbatasan anggaran Pa” memang kita sejak adanya Virus Covid-19 ini semua aktifitas pemerintahan dan masyarakat terganggu, mudah-mudahan kita selalu diberikan kesehatan dan menjaga kebersihan agar kita dijauhkan dari Virus Corona ini”, tutupnya (red)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top