AKIBAT FAKTOR CUACA EKSTREM DIPERKIRAKAN RIBUAN TON IKAN DI BENDUNGAN CIRATA MATI

AKIBAT FAKTOR CUACA EKSTREM DIPERKIRAKAN RIBUAN TON IKAN DI BENDUNGAN CIRATA MATI

Peristiwa 0 Comment 27

PURWAKARTA, Gemantara News

Akibat faktor cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari belakangan dimana air menjadi lebih dingin. fenomena itu, hampir seluruh ikan di keramba jaring apung milik petani mati di bendungan Cirata Kec. Maniis Kab. Purwakarta Peristiwa serupa disebutkan hampir terjadi setiap tahun.

Kematian ribuan ton ikan tersebut mengakibatkan bendungan Cirata menjadi lautan bangkai ikan, sehingga menambah aroma tidak sedap dan memastikan kondisi kualitas air Bendungan Cirata terganggu.

Memurut masyarakat yang bertempat tinggal disekitar membenarkan terjadinya mati massal ikan milik petani ikan jaring apung di Bendungan Cirata hampir setiap tahun terjadi

Diprediksi ikan yang mati jumlahnya mencapai ribuan ton. Mengingat, kata dia jumlah jaring apung yang ditanami ikan mencapai ribuan.

“Kemungkinan disebabkan cuaca buruk, dan pengaruh kualitas air bendungan yang buruk, sehingga berpengaruh kepada ekosistem air. Dampaknya pada ikan jadi mati, ” ujar Yadi salah seorang pemilik keramba jaring apung Kamis ( 21/10/2021).

Sementara, Andi  tokoh pemuda Maniis mengatakan, ikan mati di bendungan Cirata biasaya terjadi setiap tahun sekali, itu terjadi ketika kondisi cuaca sedang tidak baik. jika terus terjadi hujan dan cuaca mendung secara terus menerus sangat berpengaruh buruk bagi ikan- ikan milik petani di Cirata.

Kematian ikan-ikan itu juga disebabkan naiknya air bawah yang bercampur dengan endapan pakan ke permukaan. Kondisi tersebut akhirnya membuat ikan mati mendadak akibat keracunan. (robin/korwil 2)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top