ADA APA PELAYANAN DISHUB KOTA SUKABUMI MASIH MANUAL..??

ADA APA PELAYANAN DISHUB KOTA SUKABUMI MASIH MANUAL..??

Berita Daerah 0 Comment 6

KOTA SUKABUMI, Gemantara News

Tim Gemantara News Biro Sukabumi menggiatkan kembali kontrol sosial yang memang bagian dari kegiatan Pers sesuai dengan Undang-Undang Pers nomor 40 Tahun 1999 Pasal 3 Ayat 1 lebih ditingkatkan lagi khususnya pada pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kota Sukabumi tepatnya di JL. Arif Rahman Hakim No 25 Kota Sukabumi.

Kegiatan kontrol sosial ini telah menjadi agenda yang telah di jadwalkan oleh tim jurnalis Gemantara News. Kali ini kontrol sosial dilakukan kantor Dinas Perhubungan Kota Sukabumi

Awak media mendatangi kantor Dinas Perhubungan untuk bertemu dengan Kepala Dinas Bapak ABDUL RACHMAN, A.T.D untuk menyampaikan tujuan kedatangan, namun pihak awak media tidak dapat bertemu Kepala Dinas dan di wakilkan oleh Bapak Kurnia Rahmandani selaku Sekretaris Dinas Perhubungan Kota.

Dari hasil pembicaraan pihak awak media Gemantara News tersebut, Bapak Dani menyampaikan kepada staff nya (Bpk Angger Hebat) untuk mendampingi awak media. Kontrol Sosial diawali dari sistem pembayaran, sistem pembayaran dilakukan langsung kepada pihak Bank Jawa Barat (BJB) sedangkan “Dinas Perhubungan tidak ada menerima uang untuk pendaftaran tersebut” ujar Bpk Angger Hebat.

Lanjut awak media dipersilahkan untuk melakukan kontrol sosial mulai dari uji emisi gas buang, intensitas cahaya lampu utama, pengereman, kecepatan kendaraan, komponen bawah kendaraan dan alat uji daya tembus cahaya.

Namun jika kita merujuk Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 133 Tahun 2015 Pada Bab V Fasilitas dan Peralatan Pengujian Berkala Pasal 16 Ayat (2) sbb:

Peralatan Uji Utama sebagaimana dimaksud ayat (1) huruf a paling sedikit meliputi:

  • Alat Uji Emisi Gas Buang
  • Alat Uji Ketebalan Asap Emisi Gas Buang (Smoke Tester)
  • Alat Uji Kebisingan Suara Klakson dan/atau kenalpot
  • Alat Uji Rem
  • Alat Uji Lampu
  • Alat Uji Kincup Roda Depan
  • Alat Uji Penunjuk Kecepatan
  • Alat Pengukur Kedalaman Alur Ban
  • Alat Pengukur Berat
  • Alat Pengukur Dimensi
  • Alat Uji Daya Tembus Cahaya pada Kaca

Pihak awak media Gemantara News menyayangkan beberapa pengujian yang tidak dilakukan seperti alat ukur kebisingan klakson/knalpot, namun Bpk Angger Hebat (Penguji) dilapangan dengan entengnya menyampaikan “Alatnya ada, cuman ganti Batterai aja kok bisa dipakai lagi” Ujar Bapak Angger Hebat.

Namun pihak awak media menyampaikan bahwa pengujian tersebut tetap harus dilakukan karena prosedur pelayanan, begitu juga dengan Pengukuran Berat, pihak awak media juga tidak melihat pengukuran berat terhadap kendaraan yang diuji, dimana kita tau beban kendaraan ini menjadi perhitungan didalam menentukan gaya rem terhadap kendaraan tersebut. Dan beberapa peralatan uji kendaraan terlihat sudah lawas dan perlu peremajaan, sampai pihak awak media pulangpun alat tersebut dalam kondisi tidak dapat difungsikan dan diperlihatkan.

Dan dari hasil pantauan awak media Gemantara News juga melihat sistem pengambilan data hasil uji secara manual (hasil uji tulis tangan), kami menduga hasil uji yang dilakukan dapat direkayasa untuk berbuat kecurangan dikarenakan masih dilakukan secara manual, dan ini kami sayangkan apabila ini terus dilakukan.

Awak media Gemantara News, melihat bahwa keberadaan Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Sukabumi sudah tidak laik lagi dikarenakan kondisi akses jalan tidak sesuai, dan gedung pengujian tampak lebih kecil jika dibandingkan dengan gedung pengujian lainnya berukuran 8m x 60m.

Dan informasi yang kami terima dari Dinas Perhubungan terkait, bahwa gedung pengujian yang baru di Jalan Baros, Kelurahan Baros, Kecamatan Baros telah dibangun namun belum difungsikan. (Red / Biro sukabumi)

Bagikan Artikel ke :

Shares

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top