WARGA  MENUNTUT FASOS-FASUM  TEMPAT PEMAKAMAN UMUM(TPU) DARI DEVELOPER  PERUM REGENCY CIKAMPEK UTARA

WARGA MENUNTUT FASOS-FASUM TEMPAT PEMAKAMAN UMUM(TPU) DARI DEVELOPER PERUM REGENCY CIKAMPEK UTARA

Berita Daerah 0 Comment 76

KARAWANG, GemantaraNews

Tim warga peduli bersama Kepala Desa, Dusun, RW/RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, DKM, dihadiri oleh pembina wilayah Bhabinsa TNI Bapak Sugiono (Sabtu,13/06/2020) sepakat mendesak developer PT.Langgeng Pranamukti Arta selaku developer pengembang perumahan Permata Regency Cikampek Utara Kotabaru Kabupaten Karawang Jawa Barat agar segera menyediakan/ menyerahkan khususnya lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) sebagai hak warga tanpa ada alasan lain sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Begitu juga berita acara hasil Surat Kesepakatan Bersama melalui dengar pendapat dengan Komisi 3 DPRD Kabupaten Karawang yang sudah ditandatangani bersama (15 Januari 2019) untuk penyerahan TPU tersebut bersama pejabat yang berwenang Pemda Kabupaten Karawang , namun realisasinya belum diserahkan sampai sekarang.

Surat Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat, tanggal surat (30/01/2020) meminta DPRD Kabupaten Karawang agar melakukan pengawasan, pengkajian dan menindaklanjutti laporan masyarakat sebagai fungsi pengawasan dalam tata kelola pemerintah daerah. Kelihatannya DPRD juga setengah hati untuk memaksa/menekan Pemda Karawang agar tuntutan masyarakat dapat dipenuhi. Sampai diturunkan berita ini belum penyerahan dan masih mengambang tidak jelas rimbanya.

Persoalan ini turut dikawal Gemantara Nasional Cabang Karawang beserta Tim mengkonfirmasi pada Kabag Pertanahan Pemda Karawang bapak Abu Bakar di kantornya (Kamis,18/06/2020) juga memberikan jawaban yang tidak memuaskan pada Tim, dimana persoalan lahan TPU ini sudah 3 tahun ditangani oleh yang bersangkutan. Seharusnya pihaknya selaku Kasubag Pertanahan Pemda Karawang sudah segera menyelesaikan/ mengeksekusinya. Gemantara melihat persoalan ini banyak kejanggalan-kejanggalan dimana FASOS-FASUM belum diserahkan Pengembang pada Pemda Karawang, namun anggaran APBD untuk pembangunan(pengecoran) jalan-jalan di perumahan tersebut telah dilakukan, namun itu seharusnya dilarang alias masih tanggung jawab developer sesuai peraturan yang berlaku sebelum ada penyerahan mutlak.

Sampai kapan permainan ini berakhir ? Sedang lahan TPU diwilayah Desa Cikampek Utara Kecamatan Kota Baru belum ada seperti desa-desa lain. Seharusnya ini tanggung jawab Kepala Desa selaku garda terdepan untuk menyelesaikan persoalan TPU itu. Sebenarnya ini sudah sangat mendesak agar segera disediakan. Sudah sering kejadian bila ada warga perumahan Regensi Cikampek utara ada yang meninggal bila dimakamkan ke wilayah desa lain sudah dipersulit mereka ketakutan kehabisan lahan makam untuk warganya saja tidak cukup. Kenapa tidak ada yang perduli tentang TPU ini ? Janganlah sinetron ini di pertontonkan dengan permainan-permainan tipu muslihat pada masyarakat, malah menjatuhkan harga diri dan memalukan. Tidak tertutup kemungkinan pada kemudian hari bila ada orang yang meninggal akan diarak ke Kantor desa atau ke Kantor Bupati Karawang. Semua kita akan berpulang menghadap pada pencipta alam semesta ini apapun status sosial kita masing-masing. Hai saudara-saudaraku Tempat Pemakaman Umum (TPU) ini tempat peristirahatan trakhir kita yang abadi untuk menuju jalan sorga sesuai amal perbuatan kita.Amin. (Biro Karawang)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top