Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hardiknas.

Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hardiknas.

Berita Daerah 0 Comment 16

NIAS BARAT, Gemantaranews

Pemerintah Kabupaten Nias Barat memperingati hari Pendidikan Nasional dihalaman kantor Bupati Nias Barat Kamis (02/05/2019).

Wakil Bupati membacakan Pidato Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir; yang menekankan terhadap beberapa point penting berikut ini,

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya pada hari ini kita  memperoleh kesehatan dan  dapat  menghadiri puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 pada hari, Kamis 2 Mei 2019 dalam suasana yang khidmat dan penuh rasa cinta pada Tanah Air, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan. Sangat tegas konstitusi kita menyatakan bahwa salah satu tujuan pemerintah negara Indonesia yang dihantar oleh perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengangkat tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini yaitu mewujudkan “SDM  Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter”.

Tema ini relevan untuk menghadapi kondisi  dunia yang berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Revolusi perangkat lunak telah mentranformasikan kegiatan ekonomi, dengan sebagian pekerjaan yang ada akan digantikan oleh otomatisasi.

Kepada generasi penerus bangsa agar  kompetitif, kreatif,  dan inovatif  di era disrupsi saat ini, maka perguruan tinggi Indonesia  dituntut  untuk ikut berevolusi dan  didorong kesanggupannya untuk melakukan upaya transformasi digital dalam penyelenggaraan kegiatan tridharma dan pengelolaan perguruan tinggi. Perguruan tinggi juga diharapkan berkontribusi dalam mensolusikan masalah sosial ekonomi bangsa ini.

Peningkatan  interaksi dan kohesi sosial  harus terjalin lebih baik antar mahasiswa juga dosen dari seluruh disiplin ilmu yang berbeda  sehingga mampu meningkatkan keaktifan intelektual yang memicu berbagai ide  kreatif, inovatif, kolaboratif dan berjati diri.  Diharapkan semakin banyak hasil inovasi yang dilakukan dunia kampus yang diterima oleh industri.

Ada hal penting lainnya,  kualitas manusia sebagai insan akademis berkaitan dengan pembangunan karakter, harus menjadi agenda prioritas bersama.

Merespon kemajuan pendidikan serta ilmu pengetahuan dan teknologi, mari kita manfaatkan dengan bijaksana dan menjadi ruang lahirnya ,manusia bermartartabat, inovatif dan berkarakter. Kita sebagai  insan pendidikan tinggi harus memahami dan mengembangkan teknologi dan terus menciptakan inovasi disertai kemampuan belajar sepanjang hayat (long-life learning). Melalui kemampuan ini, kualitas manusia akan terus terjaga dalam era disrupsi ini.

Upacara Hardiknas ini disemarakkan dengan TARIAN BALUSE dari sanggar budaya Aekhula kabupaten Nias Barat.

Hardiknas merupakan hari yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari  untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara. Seorang tokoh yang menjadi pelopor pendidikan Indonesia sekaligus pendiri dari lembaga pendidikan Taman Siswa tepat tanggal 02 Mei 1889.(S.Gulo).

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top