KETUA GUGUS TUGAS COVID -19 DAN PEMKAB LAMPUNG TIMUR BERIKAN ANGIN SEGAR BERKENAN MEMBUKA AKTIVITAS PEKERJA SENI BERDASARKAN PROTOKOL KESEHATAN DAN SOP

KETUA GUGUS TUGAS COVID -19 DAN PEMKAB LAMPUNG TIMUR BERIKAN ANGIN SEGAR BERKENAN MEMBUKA AKTIVITAS PEKERJA SENI BERDASARKAN PROTOKOL KESEHATAN DAN SOP

Berita Daerah 0 Comment 54

LAMPUNG TIMUR, GemantaraNews

Pembahasan tuntutan pekerja seni dan hiburan adakan rapat di Aula Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Timur Selasa (04/08/2020) sekira pukul 14.30 WIB.

Hadir dalam giat tersebut
Bupati Lampung timur Zaiful Bukbori, ST, Ketua DPRD Lampung Timur Ali Johan Arif SE, Kapolres Lampung Timur AKBP Wawan Setiawan, S.Ik, Dandim 0429 Lampung Timur Letkol Kaf Muhammad Darwis, Kajari Lampung Timur Ariyana Juli Astuti, SH, MM, Asisten 1 Syahmin Shaleh, Para Kepala Dinas Pemda Lampung Timur, Kepala Badan / Dinas / Bagian Lampung Timur, Perwakilan pekerja seni dan hiburan Lampung Timur bapak Yahya dan Herman, Perwakilan Pokdarwis Lampung Timur, dan peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sekitar Tiga Puluh (30)orang.

Sambutan Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatalan, Rabu tanggal 29 juli 2020 yang lalu, kita kedatangan pekerja seni yang ada diwilayah lampung Timur ini,
usulan para pekerja seni tersebut yang pertama di New Normal diharapkan, ada kelonggaran dalam beraktifitas, kita harus berhati-hati dalam menghadapi New Normal dengan memperhatikan protokol kesehatan. Saran saya pertama protokol kesehatan wajib dilakukan bagi keluarga yang menggelar hajatan, meminta ijin dari kepolisian dengan melampirkan rekom dari kecamatan, tuan rumah harus menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Yang kedua kami berikan kelonggaran terhadap orgen minimalis MC harus selalu mengingatkan protokol kesehatan kepada tamu undangan, diwajibkan bagi tuan rumah harus ada pernyataan protokol kesehatan, tetap hati-hati karena pandemi belum berakhir dan zona hijau Lampung Timur tetap harus dipertahankan dan selalu berhati-hati.Dan terimakasih terhadap hiburan kemarin yang dilakukan pada saat aksi damai didepan kantor bupati pada hari Rabu tanggal 29 Juli 2020 yang lalu.Untuk pariwisata kita telah membuka peluang kesempatan terhadap perhotelan, kolam renang, dengan memperhatikan protokol kesehatan. Saya harap pekerja seni dapat menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan baik, kita akan segera realisasikan kegiatan pekerja seni dan saya harap suasana hangat seperti ini dapat dipertahankan mengingat saat ini sedang berjalan tahapan pilkada, ungkap Bupati Lampung Timur.

Masih ditempat yang sama sambutan ketua gugus tugas Lampung Timur mengatakan, persoalan pandemi semakin menggila tapi tingkat ketakutan masyarakat menurun tajam karena ini merupakan dampak dari perekonomian serta dampak dari terhentinya hiburan ini, sehingga merugikan banyak pihak termasuk pekerja seni Kuda Lumping dan Reog Ponorogo saat ini belum bisa dilaksanakan.Orgen tunggal bisa kita laksanakan secara minimalis yang artinya Lima (5) kru cukup dengan rincian, Satu (1) ranger, Satu ( 1 ) MC, Dua (2 ) vokalis dan Satu (1) teknisi degan menerapkan protokol kesehatan. MC harus selalu mengingatkan protokol kesehatan terhadap seluruh tamu undangan dan kapasitas kursi tidak lebih dari Seratus (100) buah, permohonan ijin harus dilihat kapasitasnya dan tidak boleh sampai malam hari. Sehari maksinal Seribu (1000) undangan, lebih dari itu diadakan lebih dari Satu (1) hari .Dan permohonan ijin harus ada evaluasi dari satgas tingkat kecamatan forkopincam, minimal Dua (2 ) minggu sebelumnya sudah harus diajukan kepada pihak kepolisian dan harus ada rekom dari kecamatan untuk diajukan ke Polres Lampung Timur, minimal Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus ada di tempat hajatan untuk mengawasi protokol kesehatan.Saya harapkan rekan-rekan pekerja seni ikut menyampaikan program pemerintah kepada masyarakat. Dinas Pariwisata dan gugus tugas segera susun protokol kesehatan SOP, jika ada yang melanggar SOP maka langsung ditegur oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa, ujar ketua gugus tugas Lampung Timur.

Dalam sambutan Dandim 0429 Lampung Timur mengatakan, keputusan dari pemda diambil berdasarkan satgas pusat dan provinsi. New Normal diganti Adaptasi Kebiadaan Baru(AKB) sudah mulai dibuka, pariwisata dan hiburan giat berdasarkan protokol kesehatan, pemda segera membuat standar protokol kesehatan agar TNI/ POLRI ada pedoman dalam melakukan pengawasan dan ini semua merupakan tanggung jawab kita bersama, tegas Dandim.

Sambutan Kapolres Lampun Timur juga mengatakan, dengan adanya kelonggaran tetap dilaksanakan secara terbatas sebelum ijin kekepolisian harus ada ijin dari gugus tugas untuk mengantisipasi tamu undangan yg tidak menggunakan masker, penyelenggara hajatan harus menyiapkan masker dan kami memberikan ijin berdasarkan catatan jumlah dan waktu hanya siang saja.Mohon kepada pekerja seni harus mematuhi peraturan protokol kesehatan dan kita harus menyesuaikan dengan kehidupan baru, tutur Kapoles Lampung Timur.

Menurut Kajari Lampung Timur, kegiatan ini harus diadakan secara minimalis dan tertutup dan SOP harus disikapi untuk tamu yg tidak diundang diluar panggung musik, jika terjadi cluster baru maka kebijakan ini harus dihentikan, tutup Kajari Lampung Timur, (fk.nainggolan)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top