TRANPORTASI LAUT MENUJU KEPULAUAN OVERLOAD : ALIANSI MAHASISWA KEPULAUAN TURUN JALAN TUNTUT PEMKAB SUMENEP BELI KAPAL BARU

TRANPORTASI LAUT MENUJU KEPULAUAN OVERLOAD : ALIANSI MAHASISWA KEPULAUAN TURUN JALAN TUNTUT PEMKAB SUMENEP BELI KAPAL BARU

Peristiwa 0 Comment 10

SUMENEP, GemantaraNews

Mahasiswa Kepulauan yang terdiri dari aliansi Forum Mahasiswa Kangean (Formaka), Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken (Himpas), dan Forum Pemuda Raas (FPR) Geruduk Kantor pemerintah Kabupaten Sumenep. dalam orasinya Mahasiswa ingin bertemu Bupati Sumenep. dan disela-sela aksi salah seorang orator Aliansi Mahasiswa menyuarakan aspirasinya agar pemerintah Kabupaten Sumenep segera membeli kapal baru. Namun, aspirasi tersebut seakan hampa, Sebab keinginan Mahasiswa bertemu Bupati Sumenep Drs A Busyro Karim, M.Si tidak terlaksana, Karena Bupati Sumenep pada saat itu tidak ada dikantornya. hingga aksi demo mereka dilanjutkan menuju gedung Kantor DPRD Sumenep, sambil berjalan kaki. Senin, 25/11/2019.

Orasi yang disampaikan oleh koordinator aksi di depan kantor DPRD Sumenep, sama halnya dengan orasiyang disampaikan depan kantor pemkab Sumenep yaitu, Aliansi Mahasiswa kepulauan datang dengan aksi damai. aliansi mahasiswa menuntut agar Pemkab Sumenep pada tahun 2020, membeli kapal baru yang dikhususkan untuk penumpang,” Kata abdul dalam orasinya.

Menurutnya, kapal yang ada saat ini bukan lagi kapal muat penumpang, tapi menjadi Kapal muat barang ( kapal kargo). untuk itu, demi menjaga kemaslahatan masyarakat kepulauan, sebaiknya pemkab Sumenep lakukan pembelian Kapal baru. hingga, kapal yang memang sudah ada tidak lagi menjadi kapal kargo lagi.

” kami menilai keberadaan layanan transportasi laut saat ini, khususnya wilayah kepulauan belum memadai. kuantitas jumlah armada kapal tidak sebanding dengan kapasitas jumlah penumpang, yang sering kali terjadi overload saat kapal berlayar,” Tutur abdul sambil berteriak

Lanjut dia, dari kajian itu Mahasiswa Kepulauan berharap tahun 2020 mendatang, Pemerintah kabupaten Sumenep harus sudah menyediakan armada transportasi tambahan, sebab keberadaan Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) III yang baru diresmikan akhir tahun 2018 lalu itu, juga belum mampu menjawab permasalahan yang terjadi dan dirasakan oleh Masyarakat kepulauan. Namun, tidak dipungkuri juga dari sisi biaya, DBS III sangat murah dan bisa membantu masyarakat kepulauan,” Keluhnya.

Kemudian, aliansi Mahasiswa kepulauan tersebut mendengarkan apa yang disampaikan oleh anggota DPRD Sumenep. dan dilanjutkan penandatanganan kesepakatan yang berisi tuntutan aksi yaitu : penambahan kapal baru di tahun 2020 mendatang, serta pemisahan antara kapal penumpang dengan kapal kargo.

Abu hasan, SH anggota DPRD Sumenep, dari fraksi PKB Menyampaikan, sebagai wakil dari kepulauan sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk memperjuangkan apa yang menjadi keluhan dan menjadi tuntutan bagi masyarakat kepulauan. perlu diketahui, terkait APBD Sumenep 2020 belum ditetapkan, tapi sudah memasuki tahap pembahasan. hal itu, tidak menutup kemungkinan bisa terealisasi. tapi, kalau ada keseriusan dari pemerintah,” Ucap abu hasan anggota DPRD dari kepulauan kangean

“ Hal ini bisa dianggarkan, kalau pemerintah memang benar benar serius. karena, pada saat ini APBD tahun 2020 belum ditetapkan. Tapi jika tidak bisa tahun 2020 ini, ditahun 2021 nantinya harus dianggarkan,” terangnya.

Kemudian, Darul Hasyim Fath, yang juga sebagai anggota DPRD Sumenep dari Kepulauan Masalembu menyatakan, Hal itu sudah menjadi bagian dari kewajiban dari kami selaku wakil rakyat, dan untuk memperjuangkan nasib konstituennya. untuk itu, kami juga berkomitmen selalu perwakilan dari masyarakaat kepulauan, untuk ikut dalam memperjuangkan aspirasi yang menjadi tuntutan Mahasiswa Kepulauan,” Tambahnya.

“komitmen kami untuk beraam sama berjuang dengan Mahasiswa, dan rakyat, untuk melawan dan memperjuangkan segala bentuk ketidak adilan,” Tegas Darul anggota DPRD sumenep dari fraksi PDI perjuangan tersebut.
( Noung daeng )

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top