TIM GABUNGAN DINAS PMD DAN DINAS PU LAMPUNG TIMUR LAKUKAN MONITORING DI METRO KIBANG

TIM GABUNGAN DINAS PMD DAN DINAS PU LAMPUNG TIMUR LAKUKAN MONITORING DI METRO KIBANG

Berita Daerah 0 Comment 70

LAMPUNG TIMUR, Gemantaranews

Dari tiga tim yang terbagi dalam rangka monitoring di berbagai Desa yang ada di setiap Kecamatan Jum,at. 13/9/19 empat personil yang tergabung dari Dinas PU dan Dinas PMD Kabupaten Lampung Timur di bawah naungan Bapak Indra Saputra selaku Ketua tim dalam pengawasan tiga Desa dari tujuh Desa yang ada di Kecamatan Metro Kibang.di antaranya Desa Margototo, Desa Kibang dan Desa Marga Jaya.

Saat di konfirmasi terkait monitoring beliau mengatakan bahwasannya untuk semua pengerjaan pembangunan Desa yang bersumber dari Dana Desa dari 60% pekerjaan sepertinya semuanya tidak menemui kendala atau baik baik saja.semua masih dalam koridor standar kelayakan atau kewajaran ( masih merunut pada juknis dan juklak yang telah di tentukan) oleh Pemerintah baik itu masalah pembangunan Draenase mau Lapen dan yang lainnya.

Selanjutnya beliau juga menambahkan bahwasannya Dana Desa itu di peruntukannya bukan hanya sebatas untuk membangun Jalan atau Draenase saja. seperti halnya Desa Marga Jaya ini telah berani membuat terobosan baru yaitu dengan Dana Desa mereka berani berspikulasi untuk membangun sebuah tempat pariwisata ( Destinasi) hal ini juga patut untuk di tiru oleh Desa lain supaya Desa itu bisa berkembang dan menjadi Desa yang mandiri.ungkapnya.

Selebihnya beliau juga mengungkapkan bahwa semua itu tentunya tidak terlepas dari proses atau usulan yang berbentuk pengajuan proposal karena seluruh pembiayaan itu harus melalui Dinas Pendapatan Pengelolaan Ke uangan dan Aset Daerah(P2KAD) karena Dinas tersebut merupakan bagian yang meng ACC. setelah semua syarat syarat lolos di ferifikasi oleh Instansi terkait.dan yang perlu bahwasannya semua ini adalah program utama bagi Bapak Bupati pungkasnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kades setempat Hi. Purwanto saat di sambangi di kediamannya pada hari yang sama yang mana harapan dan tujuan beliau dalam membangun pariwisata tersebut bertujuan untuk mengembangkan sumberdaya manusia serta inkam pendapatan masyarakat dengan cara memperdayakan atas keterlibatan masyarakat terutama ketenagakerjaan.karena dengan adanya tempat pariwisata ini secara otomatis akan menambah kas Desa mengingat Desa Marga Jaya selama ini tidak memiliki inkam untuk Desa, mengingat Desa ini tidak punya CV. atau PT. dan terkait pembangunan Destinasi itu ada tiga tahap yaitu untuk tahap pertama adalah merupakan tahap Dasar, sedangkan tahap kedua adalah tahap melengkapi dan tahap ketiga merupakan tahap penyempurnaan. jadi dengan adanya tiga tahap tersebut seluruh pengerjaan akan selesai seperti yang di harapkan memakan waktu kurang lebih tiga tahun. karena selain itu juga pada nantinya tempat wisata itu bukan hanya tempat pemandian saja melainkan akan di lengkapi dengan Agro wisata seperti wisata Buah buahan. imbuhnya.

Selain itu menurut Pak Suparja dari Dinas PU saat di konfir oleh awak media ini di lokasi pembangunan beliau mengutarakan bahwasannya kegiatan monitoring ini bertujuan untuk mengarahkan yang baik dan benar supaya semua pekerjaan yang menggunakan anggaran Dana Desa tidak melenceng dari protap yang telah ditentukan oleh Pemerintah.sementara menurut Edi Supriono selaku PTK untuk pengerjaan awal dan untuk memenuhi target yaitu pembangunan kolam renang untuk Dewasa dengan ukuran 10X25 M. dan Anak anak dengan ukuran 5X10 M. serta kamar mandi atau tempat untuk ganti pakaian dan kamar kecil. ( WC) dari sepuluh pekerja harapannya semoga pada ahir tahun ini sudah bisa di fungsikan oleh masyarakat sebagai tempat wisata pemandian dan yang tentunya hal itu bisa di jadikan pendapatan Anggaran Desa(PAD).tandasnya.(Bambang S)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top