TEROBOSAN DISKOMINFO GELAR WORKSHOP SATU DATA INDONESIA

TEROBOSAN DISKOMINFO GELAR WORKSHOP SATU DATA INDONESIA

Berita Daerah 0 Comment 9

KARAWANG, GemantaraNews

Mengsinkronkan data di seluruh Kabupaten Karawang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab.Karawang menggelar workshop Satu Data Indonesia tingkat daerah yang bertempat di Hotel Akshaya, Telukjambe Timur, Selasa (10/12/2019). Dalam workshop ini diikuti oleh para peserta dari 32 OPD dan 7 lnstansi Sektoral. Untuk narasumber sendiri dari Diskominfo Provinsi Jabar dan BPS Karawang serta Bapeda Kabupaten Karawang.

Kabid PIP Diskominfo Karawang, Acep Karimulah mengatakan, program Satu Data Indonesia sesuai dengan Perpres no. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yang memasukan BPS sebagai pembina. Dalam hal ini terbagi 3 statistik yaitu dasar, sektoral dan khusus.

“Untuk statistik sektoral digunakan pemerintah daerah tentang perencanaan pembangunan. Yang data-datanya berasal dari setiap OPD dan lnstansi vertikal untuk kepentingan pemerintah pusat dan daerah guna kepentingan publik”, katanya.

Acep Karimullah juga mengatakan, bahwa dengan Satu Data Indonesia bisa mengsinkronkan data di seluruh Indonesia khususnya Kabupaten Karawang. Data tersebut mudah dipergunakan, misalkan lnstansi satu membutuhkan data lnstansi lainnya itu bisa digunakan dengan cepat. Bahkan masyarakat yang ingin mengetahui data Pemda Karawang juga bisa mengaksesnya.

“Untuk data statistik yang sudah lengkap baru ada 11 OPD/lnstansi dan sisanya bisa menyusul setelah kegiatan ini berjalan. Nanti di triwulan ketiga di Tahun 2020, data yang sudah lengkap tiap-tiap OPD yang sudah di analisis dapat di publikasi di website, media cetak sehingga masyarakat bisa mengetahuinya”, ungkapknya. (POL/RG)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top