TANPA ADA CAMPUR TANGAN PEMERINTAH  DITANGAN ‘KASAM’ SEORANG KADER GEMA NUSANTARA JUGA TOKOH MASYARAKAT KEPULAUAN MERANTI  LINGKUNGAN JADI  TERJAGA

TANPA ADA CAMPUR TANGAN PEMERINTAH DITANGAN ‘KASAM’ SEORANG KADER GEMA NUSANTARA JUGA TOKOH MASYARAKAT KEPULAUAN MERANTI LINGKUNGAN JADI TERJAGA

Serba-serbi 0 Comment 70

KEPULAUAN MERANTI RIAU, Gemantaranews

Selaku Tokoh Masyarkat dan sekaligus ketua Gema Nusantara, Eksekutif Kabupaten Meranti (Kasam), angkat bicara mengenai penting nya peduli terhadap Lingkungan di Meranti. Diawal tahun 2005 jauh sebelum ini saya sudah berbuat banyak untuk kampung saya dari mulai menanam Mangrove dan api api, coba lihat saja disekiling rumah yang saya tinggali sekarang ini,”ungkapnya. Minggu (24/11/2019).

Tanpa ada campur tangan sedikitpun dari Pemerintah daerah setempat mulai dari RT, RW, Kelurahan sampai Kecamatan.
Andai saja saja saya tidak ambil peduli terhadap kampung saya ini, mungkin saya rasa sekarang sudah pasti Kampung ini habis disebabkan Abrasi.”ujarnya.

Bayangkan saja apabila air Pasang besar terjadi, dan Kapal yang berlalu lalang dilaut Gelombangnya hampir lebih dari 2 Meter naik keatas menghantam bibir pantai. tentu saja Erosi dan Abrasi pantai akan terjadi,” ungkapnya. Dengan salah seorang Masyarakat yang baru saja yang berdomisili dikampung baru tersebut.
di Tahun 2005. Saya mulai mengambil inisiatif bahwa saya sendiri yang peduli akan ini semua mulai dariPembibitan Mangrove, dan Api Api semuanya saya kerjakan sendiri, Tanpa ada bantuan dari pihak mana pun, nyaatanya seperti ini.
sekitar 30 meter sampai 40 meter luas yang saya tanami Mangrove dan api api dan panjang nya sekitar 700 meter, sampai diujung Jalan Nusa Indah menuju sungai Alah air kelurahan Selatpanjang selatan. mungkin diTahun 2019 ini ukuran Mangrove yang saya tanami tersebut hampir berukuran 5 sampai 6inci, “nyatanya.

Adapun fungsi Mangrove antara lain melindungi pantai dari erosi dan abrasi, akan melindungi pemukiman penduduk dari terpaan badai dan angin dari laut, agar bisa mencegah intrusi air laut, tempat hidup dan berkembang biak berbagai Satwa liar seperti ikan, udang, kepiting, burung dan monyet. serta mitigasi perubahan iklim melalui penyerapan co2 dari udara.
Yang dinyatakan oleh ketua
Ormas Gema nusantara Ekbang Meranti tersebut.( Kasam )

Keberadaan hutan Mangrove juga dapat membentuk daratan baru. Endapan menjaga
Kerusakan hutan Mangrove disebabkan oleh beberapa faktor, yakni faktor alam dan faktor manusia.”pungkasnya. ( yan)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top