TANGGUNG JAWAB SIAPA SAMPAH MENGGUNUNG DI BANTARAN SUNGAI CIGEUNTIS

TANGGUNG JAWAB SIAPA SAMPAH MENGGUNUNG DI BANTARAN SUNGAI CIGEUNTIS

Berita Daerah 0 Comment 18

KARAWANG ,GemantaraNews

Penumpukan sampah di bawah Jembatan Sungai Cigeuntis, RT 05/04, Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Kondisi tersebut menyebabkan tersumbatnya aliran sungai dan bau yang menyengat akibat berbagai jenis sampah plastik dan limbah rumah tangga yang menumpuk.

Deden (41), Ketua Karang Taruna Desa Mekarbuana mengaku sudah sering mengerahkan para anggota karang taruna kedusunan untuk membersihkan tumpukan sampah yang berada tepat di bawah jembatan tersebut.

”karang taruna sudah sering membersihkan. Tapi masih banyak warga bandel yang mebuang sampah-sampah itu ke bantarab sungai,” ungkapnya.

Deden menambahkan, pembuangan sampah ke sungai itu sudah terjadi sejak lama. Biasanya, pelaku pembuangan sampah ke sungai dilakukan pada malam hari dan pagi hari waktu subuh

”Pasti begitu, dibersihkan dan hanya bertahan beberapa hari pasti ada lagi lagi sampahnya ,” kata Deden.

Senada juga diungkapkan Jaji Maryono, kepala Desa Mekarbuana ,mengatakan penumpukan sampah tidak lepas dari kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

”Warga diam saja saat ada orang yang membuang sampah ke sungai,” terangnya.

Jaji mengatakan, sudah sering melakukan sosialilasi kepada masyarakat tentang sampah saat pengajian dan kumpulan lainnya.

“Sudah sering sekali di kasih tau jangan buang sampah ke sungai, tapi ya memang masyarakatnya kurang sadar maka terus aja membuang sampah ke sungai.” Katanya

Dirinya mengungkapnya bahwa memang keterbatasan fasilitas untuk pengangkutan sampah dan tempat pembuangan akhir menjadi masalah utama yang membuat masyarakat bingung membuang sampah di mana, nantinya pemerintahan desa dan karang karuna akan mencari solusi untuk memecahkan masalah sampah yang terjadi saat ini.

“Pemerintahan desa akan berkoordinasi dengan karang taruna untuk untuk mecari solusi agar masalah sampah tidak terus terjadi, apalagi Mekarbuana adalah Desa yang masuk dalam Desa wisata yang ada di kabupaten karawang”, ungkapnya.
(adit)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top