TAMAN PELANGI CIKAMPEK SEBAGAI TAMAN KOTA BERALIH PUNGSI MANFAAT BAGI MASYARAKAT

TAMAN PELANGI CIKAMPEK SEBAGAI TAMAN KOTA BERALIH PUNGSI MANFAAT BAGI MASYARAKAT

Berita Daerah 0 Comment 41

KARAWANG, GemantaraNews

Pembangunan taman kota berdasarkan Permendagri No.1 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan (RTHKP) harus 20 % luas area keseluruhan kota yang mencakup publik dan Privat. Keberadaan sebuah taman kota merupakan keharusan sebagai tempat duduk yang bisa digunakan untuk pengunjung. Taman Pelangi telah dibangun dibawah kolong jembatan yang membalah kota Cikampek Karawang melalui anggaran pemerintah daerah. Kesannya Taman itu sangat kumuh dan kotor diduga telah beralih fungsi. Tidak sedikit anggaran digelontorkan untuk membangun Taman Pelangi itu. Tapi sekarang menjadi padat tempat parkir motor, parkir mobil pribadi, parkir angkot, tempat pedagang.

Taman Pelangi itu adalah taman kota merupakan salah satu jenis ruang terbuka di kawasan perkotaan Cikampek merupakan area yang bisa diakses semua masyarakat.
Pembangunan Taman itu terkesan asal jadi, jalan utama ikut rusak akibat dampak pembangunan taman dan dibiarkan begitu saja tanpa ada perbaikan yang dapat membahayakan mengancam nyawa pengguna jalan setiap hari.

Sedangkan manfaat taman kota berfungsi untuk menjaga kualitas lingkungan perkotaan yang padat aktivitas, dapat menumbuhkan rasa sosial yang tinggi di dalam lingkungan taman itu sendiri. Sekarang wajib sama-sama kita jaga keasrian dan kehijauan taman Pelangi itu. Harus kita hindari ancaman pencemaran udara dari gas emisi kendaraan bermotor. Taman Pelangi itu sebagai tempat nongkrong dan rekreasi, setiap taman hendaknya dijaga kebersihan, kenyamanan, ketertiban, oleh badan pengawas pertamanan. (Biro Karawang)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top