Sudah Dilaporkan ke Jokowi, Penyelesaian Kasus Sengketa Lahan Bintaro Xchange Mall Berlarut-larut

Sudah Dilaporkan ke Jokowi, Penyelesaian Kasus Sengketa Lahan Bintaro Xchange Mall Berlarut-larut

Hukum 1 Comment 50

JAKARTA, Gemantaranews

Kasus dugaan penyerobotan tanah lahan seluas 11.320 M2 yang ditempati Bintaro Xchange Mall hingga kini belum menemukan titik penyelesaian. Padahal, kasus ini sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo dan ditindaklanjuti oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Seorang staf Bagian Persengketaan Kementerian ATR/BPN yang mengaku bernama Dewi mengatakan pihaknya sudah mengirimkan surat kepada BPN Tangerang Selatan untuk menyelidiki kasus sengketa lahan ini.

“Kami sudah mengirimkan surat ke BPN Tangsel untuk menyelidiki persoalan lahan milik (alm) Alin bin Embing yang katanya diserobot PT Jaya Real Property, Tbk,” kata Dewi di kantor Kementerian ATR/BPN, kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2019).

Jelas Vivi, dia mengaku panggilan akrabnya, dalam surat tersebut pihaknya memerintahkan BPN Tangsel untuk menyelidiki siapa pemilik sah terhadap lahan yang disengketakan ini.

“Sampai hari ini kami belum mendapatkan laporan dari BPN Tangsel hasil dari penyelidikan seperti yang kami perintahkan. Kami memberikan waktu selama 14 hari kerja, dan ini sudah lebih,” ujarnya.

Dia pun menyarankan agar menanyakan hal ini kepada BPN Tangsel. “Silakan tanyakan ke BPN Tangsel,” ucap Dewi.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Pengukuran BPN Tangsel Bambang mengatakan pihaknya baru menerima surat dari Kementerian ATR/BPN dan akan segera melaporkan hasil penyelidikannya.

“Kami baru terima surat itu. Segera kami laporkan ke Kementerian ATR/BPN,” jelas Bambang.

Edi Miharja, anaknya Yatmi, ahli waris dari (alm) Alin bin Embing mengungkapkan pengukuran terhadap lahan yang disengketakan sudah dilakukan pengukuran. “Pengukurannya hari Jumat (26/7) kemarin. Hasilnya akan kita ketahui paling lambat 7 hari kerja terhitung saat dilakukan pengukuran,” tutur pria yang akrab disapa Jaung.

Pengukuran dilakukan, ucap Edi, untuk memastikan lahan yang ditempati Bintaro Xchange Mall benar milik keluarganya. “Tanah milik kami Girik C No. 428 apa masuk ke dalam HGB No. 2168/Pondok Jaya atas nama PT Jaya Real Property, Tbk,” imbuhnya. (Faisal)

1 Comment

  1. maoelana Agustus 3, 2019 at 06:39

    Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top