SUDAH 8 TAHUN JALAN DESA ALUE IE MIRAH RUSAK, MAHASISWA FH UNIMAL DESAK PEMKAB ACEH UTARA AGAR SECEPATNYA DIPERBAIKI

SUDAH 8 TAHUN JALAN DESA ALUE IE MIRAH RUSAK, MAHASISWA FH UNIMAL DESAK PEMKAB ACEH UTARA AGAR SECEPATNYA DIPERBAIKI

Berita Daerah 0 Comment 158

ACEH UTARA, GemantaraNews

Jalan Desa Alue Ie Mirah yang mengalami kerusakan parah sudah menjelang 8 tahun tapi tak kunjung adanya perbaikan. Jalan tersebut adalah jalan yang menuju ke kecamatan langkahan, jalan itu berlokasi di Desa/gampong Alue ie mirah, Kecamatan tanah Jambo aye, Kabupaten Aceh Utara yang cukup lama rusak parah.

Hal itu juga dinilai membahayakan lalu lintas masyarakat sekitar, apalagi jalan tersebut dipakai untuk mencari pemasukan ekonomi masyarakat di daerah tersebut. Sesuai laporan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, pada Senin (13/04/2020).

Mahasiswa FH Unimal Aris Munandar kepada wartawan mengatakan, “Pemerintah harus secepatnya membangun jalan tersebut karna jalan Desa Alue Ie Mirah sudah hampir 8 tahun rusak parah, tapi tak kunjung adanya perbaikan dari pemerintah, itu sudah menjadi naungan Pemkab Aceh Utara yang sudah sepastinya menjadi tanggung jawab pemerintah, yang katanya pemerintah harus profesional dalam mengelola dana untuk pembangunan dan menanggulangi hal ini sebelum terjadinya korban jiwa, apa hanya ini persembahan bagi masyarakat yang sudah dua periode memerintah Pemkab Aceh Utara,” tegasnya.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 38 TAHUN 2004 tentang jalan, pasal 5 ayat(1) menyatakan jalan sebagai prasarana transportasi mempunyai peran penting dalam bidang ekonomi,sosial budaya,lingkungan hidup,politik,pertahanan dan keamanan,serta dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

“Kita datang langsung ke lokasinya, ini jalannya sungguh memprihatinkan karena rusak parah yang cukup lama sekali.Itu bisa membahayakan masyarakat,Apalagi masyarakat pernah melockdown jalan tersebut agar pemerintahan membangun jalan desa setempat.tapi dari pihak pemerintah hanya memperbaiki sebagian jalan saja,yang ironisnya lagi malam hari di daerah tersebut kurangnya lampu sebagai penerang jalan daerah setempat.” terang nya

Aris menilai, kondisi jalan yang memprihatinkan seperti itu bisa memperburuk citra dan ketahtaan Pemkab Aceh Utara yang memimpin dua leriode,tak hanya itu ia juga menilai Pemkab Acehutara tidak bisa mengelola anggaran ditubuh Pemkab Acehutara sendiri dan tidak profesional.Kami sangat berharap kepada Pemkab Aceh Utara,agar secepatnya membangun jalan tersebut.

“Seharusnya dalam pemanfaatan APBD, dan realisasi pembangunan, Pemkab lebih memperhatikan efektifitas dan efisiensi,mana daerah dan jalan prioritas yang perlu diperbaiki,Pemkab Acehutara harus lebih profesional dalam mengelola anggaran dana APBD,” pungkasnya.

Harapnya, dalam pelaksanaan anggaran 2020, Pemkab Aceh Utara melalui Dinas PUPR nya harus memasukkan jalan ini sebagai pembangunan dan peningkatan ruas jalan.

“Pemerintah Aceh Utara harus memikirkan soal ini, dan kita juga meminta agat di tahun 2020 jalan ini bisa direhab atau bahkan dilakukan peningkatan ruas jalan dikarenakan jalan ini menuju ke Kecamatan Langkahan,” tandas Aris Munandar. (Nazar/Zulfan)

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top