SISTIM ZONA PPDB MENUAI BERBAGAI KRITIK DARI ORANG TUA SISWA

SISTIM ZONA PPDB MENUAI BERBAGAI KRITIK DARI ORANG TUA SISWA

Berita Daerah 0 Comment 35

PURWAKARTA, Gemantaranews

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk ke jenjang berikutnya setiap tahun selalu menjadi Polemik bagi setiap orang tua yang akan mendaftarkan anaknya kesekolah lanjutan. Bagaimana tidak dengan adanya sistim Zonasi PPDB yang diterapkan oleh Pemerintah dengan harapan untuk pemerataan kwalitas dunia Pendidikan justru menjadikan permasalahan baru.

Dengan angka zonasi 90% akan menutup peluang siswa yang nilai Akademik unggul/tinggi untuk mendapatkan sekolah berkualitas, dikarenakan jarak rumah dengan sekolah. Seperti yang dikeluhkan salah satu orang tua siswa yang berdomisili didaerah Cimaung Kelurahan Ciseureuh Purwakarta mengatakan kepada Gemantaranews, Sejak diberlakukanya sistim zona 2 tahun lalu telah menjadikan permasalahan baru bagi orang tua siswa.

Siswa yang nilainya tinggi tidak menjadi jaminan mendapatkan sekolah dengan mutu yang lebih baik seperti yang diharapkan, karena kalah dengan siswa yang tempat tinggalnya dekat dengan sekolah demikian dengan siswa rumahnya jauh dari sekitar sekolah akhirnya kebingungan melanjutkan sekolah.
Hal ini mengingat tidak semua daerah memiliki jumlah Sekolah Negeri yang memadai dan dampaknya tidak hanya kepada orang tua siswa namun berdampak langsung kepada minat belajar siswa.

Ditempat terpisah menurut Plt.Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Purwakarta Drs.H.Aceng kuswaya,M.M.Pd, saat ditemui diruangannya mengatakan kepada Gemantaranews, Salah satu sekolah yang sangat diminati oleh siswa di Purwakarta “Dengan adanya sistim zonasi tidak ada lagi istilah sekolah unggulan sekarang yang diutamakan siswa yang berdomisili sekitar sekolah semua sudah transparan dengan sistim online semua bisa melihat, siapapun orang tuanya tidak menjadikan jaminan dan kepada orang tua murid yang mau mendaftarkan anaknya kalau tidak jalur Prestasi atau perpindahan Orang tua harus melalui jalur Zonasi Kalau anaknya tidak mau ke Swasta yang penting cari aman aja”, Ujarnya diakhir perbincanganya.(Robin)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top