SEKDA NIAS BARAT DIDUGA FASILITASI SALAH SATU PASLON “ELMAR” SOSIALISASI MELALUI PANEN RAYA JAGUNG.

SEKDA NIAS BARAT DIDUGA FASILITASI SALAH SATU PASLON “ELMAR” SOSIALISASI MELALUI PANEN RAYA JAGUNG.

Berita Daerah 0 Comment 54

NIAS BARAT, GemantaraNews

Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo M,Si diduga fasilitasi pasangan bakal Calon Kepala Daerah Nias Barat,  Elyunus Waruwu – Mareko Zebua (ELMAR) untuk menyampaikan Visi – Misi pada panen jagung di Desa Fadoro Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat, 14/09/20.

Acara tersebut diduga sengaja didesain oleh pemkab Nias Barat, dengan mengundang Bupati dan Wakil Bupati, ketua DPRD, kepada OPD,  Forkompika Mandrehe tokoh Masyarakat, dan Kelompok Tani dan undangan ditandatangani oleh sekda atas nama Bupati Nias Barat.

Pada saat panen jagung kelompok tani pembaharuan di Desa Fadoro Kecamatan Mandrehe Kabupaten Nias Barat. Pasangan calon Bupati Nias Barat dan Wakil Bupati Nias Barat Elmar dalam postingan facebook akun Takira Data Zai dan EL-Erasi Gulo memosting kehadiran Paslon Elmar dan mengkalim bahwa itu binaannya Eliyunus Waruwu.

Pasangan  bakal calon bupati Nias Barat Eliyunus  Waruwu hadir berdampingan dengan pasangan bakal calon wakil bupati Mareko Zebua dan sejumlah tim pemenangan paslon Elmar serta diberi kesempatan untuk menjelaskan Visi dan Misi paslon Elmar oleh Mareko Zebua.

Menurut salah seorang tokoh Aktivis Nas Barat sekaligus ketua tim media center Khenoki Era Era atas nama Petrus Gulo memberikan tanggapan bahwa dengan turut hadirnya Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua dan turut didaulat berbicara dalam acara tersebut, diberi topi petani yang diduga disediakan oleh panitia dan ikut berbaur dalam barisan undangan dan sejumlah ASN serta juga turut berselfi di pinggir kebun jagung sambil pegang jagung bersama Mareko Zebua, Sekda, ketua DPRD, kadis pertanian, camat, para kades dan ppl”terlihat semua dalam foto”, Tuturnya.

Ianya menambahkan, Sehingga sulit terbantahkan, bahwa pemerintah kabupaten Nias Barat tidak mengundang Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua yang disebut Paslon Elmar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati pada pilkada 2020 belum diundang, mana mungkin Paslon Elamar lengkap hadir kalau mereka belum dikonfirmasi sebelumnya. Apalagi, pada postingan Ama George Waruwu hari selasa 15/09/2020 telah memosting di akun facebooknya surat undangan untuk Eliyunus Waruwu dan juga untuk Mareko Zebua yang ditanda tangani oleh sekda, Dari itulah sudah jelas Eliyunus Waruwu dan Mareko diduga sengaja diundang di acara panen raya jagung tersebut oleh sekda, Tegasnya.

Melalui konfirmasi wartawan GEMANTARA NEWS.Com Kepada Sekda Nias Barat Prof.Dr Fakhili Gulo M.Si diruang kerjanya (15/09/20) menyatakan, bahwa acara panen raya jagung Kelmpok Tani Pembaharuan adalah kegiatan Pemerintah Kabupaten Nias Barat. Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua belum di undang pada acara panen raya jagung kelompok tani Pembaharuan di Desa Fadoro tersebut, Kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda Nias Barat menyampaikan bahwa Bibit jagung Kelompok Tani Pembaharuan di Desa Fadoro itu, bibitnya di fasilitas oleh Dinas Pertanian, bahkan pembukaan lahannya pun juga difasilitasi oleh Dinas pertanian, tutupnya.

Kemudian ditambahkan Petrus Gulo bahwa kehadiran pasangan calon Cakada Nias Barat Eliyunus Waruwu dan Mareko Zebua (Elmar) hal ini sangat disayangkan karena Pemerintah kabupaten Nias Barat melalui Sekda Nias Barat telah dengan sengaja mengajak ASN untuk berpolitik praktis. Dan yg bersangkutan harus dilaporkan ke komisi ASN dan bawaslu Nias barat, Harapnya. (S. Gulo )

Share Article to :

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top