SAWAH  DESA REJO AGUNG TPETANIERANCAM GAGAL PANEN.

SAWAH DESA REJO AGUNG TPETANIERANCAM GAGAL PANEN.

Berita Daerah, Headline 0 Comment 42

LAMPUNG TIMUR, GemantaraNews

Akibat debid air sungai atau ledeng yang tidak memenuhi standar yang di peruntukkan untuk mengaliri areal persawahan khususnya Kecamatan Batang Hari Kabupaten Lampung yang mendapatkan giliran musim gadu,sepertinya para petani akan mengalami kerugian besar. mengingat dari tanaman padi yang mereka tanam saat ini mengalami kekeringan yang di akibatkan kurangnya pasokan air ledeng.

Sumber yang di dapat dari salah satu petani Desa setempat Jarkasi saat di temui awak media ini 6/10/19 ia menjelaskan bahwasannya dengan adanya debit air yang sangat kurang dan tidak dapat memenuhi kebutuhan dan dengan adanya di perlakukannya sistem dalam mendapatkan air untuk menggenangi tanaman padi jelas berdampak pada kegagalan panen apa lagi sistem tersebut hanya di jatah empat hari sekali. maka dengan adanya hal tersebut para petani mengambil inisiatif untuk memenuhi air harus melakukan penyedotan air dari sungai itu pun bagi para petani yang lahannya berdekatan dengan sungai. namun bila yang jauh dari sungai tentu saja tidak mungkin bisa menyedot air dari sungai yang sehingga tidak sedikit para petani yang membiarkan tanamannya kering jelasnya.

Selanjutnya ia pun menambahkan bahwasannya dengan adanya pencanangan Pemerintah dalam menerapkan sistem jatah tanam musim gadu yang sementara tidak melihat adanya persediaan air yang akan di perlukan oleh petani sawah. justru dapat mengakibatkan adanya sebuah kerugian besar bagi para petani karena kalau sampai Pemerintah tidak secepatnya mengambil langkah guna menanggulangi permasalahan air tersebut. justru kami berkeyakinan kalau sampai Pemerintah tidak tanggap dalam hal ini akan berakibat fatal dengan tanaman padi ini tandasnya.

Menurut Jarkasi Harapannya dengan adanya hal ini sesegera mungkin Pemerintah mengambil sikap dengan tujuan supaya para petani sawah ini tidaklah mengalami kerugian atau pun penderitaan mengingat para petani sudah banyak mengeluarkan biaya untuk satu kali musim tanam. dan hingga di terbitkan berita ini Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melalui Dinas terkait belum ada yang bisa di mintai keterangan.(Bambang S)

Leave a comment

      PT KURNIA CIPTA SARANA KARYA
      NO AHU : 002918.AH.0101 - TAHUN 2019
Gemantara News
Berani Memberikan Informasi yang Akurat dan Terpercaya Demi Mencerdaskan Masyarakat Nusantara.

Back to Top